Kompas TV internasional kompas dunia

KBRI Tokyo Gelar Resepsi HUT ke-76 RI di Jepang, Hubungan Diplomatik Kedua Negara Semakin Erat

Jumat, 26 November 2021 | 02:35 WIB
kbri-tokyo-gelar-resepsi-hut-ke-76-ri-di-jepang-hubungan-diplomatik-kedua-negara-semakin-erat
KBRI Tokyo Gelar Resepsi Diplomatik HUT ke-76 RI di Jepang (Sumber: dok. KBRI Tokyo)

TOKYO, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada 25 November 2021, menggelar Resepsi Diplomatik Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia di Wisma Duta. 

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia Heri Akhmadi mengungkapkan resepsi diplomatik ini sekaligus untuk lebih memperkuat hubungan diplomatik Indonesia - Jepang yang sudah terbangun sejak 1958. 

"Jepang tetap menjadi mitra utama Indonesia dalam pembangunan nasional. Saat ini, terdapat lebih dari 2.000 perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia," kata Heri dalam keterangan resminya yang diterima KompasTV, Jumat (26/11/2021). 

Heri kemudian menekankan peran strategis Presidensi G-20 dan keketuaan ASEAN yang akan diemban Indonesia dan berperan sebagai lokomotif bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan.

"Sebagai Presiden G-20, sejalan dengan tema Recover Together, Recover Stronger, Indonesia berkomitmen untuk mendorong infrastruktur kesehatan global yang kuat. Termasuk mendukung transisi energi ke arah energi baru dan terbarukan," ujarnya.

"Untuk ASEAN, Heri menuturkan, kepentingan utama Indonesia adalah mempertahankan otonomi strategis ASEAN," lanjutnya. 

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Jepang Shingo Miyake yang juga turut hadir sebagai tamu kehormatan, menyampaikan terima kasih atas kerja sama bilateral Indonesia - Jepang yang terjalin kuat.

Dia berharap hubungan Indonesia dan Jepang akan semakin kuat termasuk bersama menjaga stabilitas di kawasan.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia Heri Akhmadi (kanan) bersama tamu kehormatan di Resepsi Diplomatik Peringatan HUT ke-76 RI. (Sumber: Dok. KBRI Tokyo)

Baca Juga: KBRI Tokyo Gelar Festival, Ratusan Warga Jepang Nobar Wayang Kulit dan Gamelan

"Free and Open Indo-Pacific yang diprakarsai oleh Jepang dan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang digagas oleh Indonesia memiliki banyak prinsip yang mendasar yaitu kerja sama serta memperkuat kemitraan strategis," ungkap dia.

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19