Kompas TV internasional kompas dunia

Mulai 1 Desember, Warga Indonesia Boleh Masuk Arab Saudi Tanpa Karantina 14 Hari

Jumat, 26 November 2021 | 09:41 WIB
mulai-1-desember-warga-indonesia-boleh-masuk-arab-saudi-tanpa-karantina-14-hari
Jemaah haji sedang bertawaf di Kaabah, Masjidil Haram, Makkah. Pemerintah Arab Saudi kini mengizinkan warga dari Indonesia dan 5 negara lainnya untuk menjalani karantina hanya 5 hari terlepas apapun jenis vaksin yang mereka gunakan (26/11/2021). (Sumber: Arab News)

RIYADH, KOMPAS.TV- Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan warga negara Indonesia dan 5 negara lainnya untuk masuk ke wilayahnya, tanpa karantina. Warga negara Indonesia, Pakistan, India, Mesir, Brazil, dan Vietnam boleh masuk Saudi tanpa menjalani karantina selama 14 hari.

Mengutip dari Antara, Jumat (26/11/2021), kebijakan tersebut akan berlaku efektif mulai 1 Desember 2021 pukul 01.00 dini hari. Pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan itu setelah mencermati situasi penanganan  Covid-19 di 6 negara tersebut.

Setelah dilonggarkan, warga 6 negara tersebut hanya perlu menjalani karantina selama 5 hari, terlepas dari vaksin apapun yang mereka gunakan. Sementara negara-negara yang masih menghadapi larangan perjalanan adalah Turki, Ethiopia, Afghanistan dan Lebanon.

Di sisi lain, Pemerintah Arab Saudi menekankan pentingnya mematuhi penerapan protokol kesehatan untuk membendung penyebaran virus corona.

Baca Juga: Ternyata China Sempat Remehkan Indonesia, Sekarang Getol Investasi

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menemui Gubernur Makkah untuk membahas kesiapan pemerintah Indonesia memberangkatkan jamaah umrah.

Menag Yaqut menyampaikan kepada pihak Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud, penanganan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali.

"Saya hari ini bertemu Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal. Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan COVID-19 di Indonesia secara umum sudah terkendali," kata Yaqut dalam siaran persnya, Senin (22/11/2021).

Dalam pertemuan itu, Yaqut juga menjelaskan edukasi yang terus dilakukan kepada calon jemaah haji dan umrah, terkait penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Genjot Bisnis Kargo, Garuda Gandeng Wallenborn Transports Kirim Barang ke Eropa Via Jalur Darat

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

Sumber :



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19