Kompas TV nasional agama

Menag: Mulai 1 Desember 2021 WNI Bisa Masuk ke Arab Saudi Tanpa Booster Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 26 November 2021, 18:58 WIB
menag-mulai-1-desember-2021-wni-bisa-masuk-ke-arab-saudi-tanpa-booster-vaksin-covid-19
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan WNI tak perlu booster vaksin Covid-19 untuk masuk ke Arab Saudi mulai 1 Desember 2021. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan kini penerbangan dari Indonesia bisa langsung menuju ke Arab Saudi tanpa perlu melalui negara transit.

Selain itu, warga negara Indonesia (WNI) juga dapat masuk ke Arab Saudi tanpa booster vaksin Covid-19. 

Menurut penjelasannya, persyaratan tersebut mulai berlaku pada Rabu (1/12/2021). 

"Terhitung 1 Desember 2021, penerbangan dari Indonesia bisa langsung menuju ke Arab Saudi. Warga Indonesia sudah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa perlu melalui negara ke-3 selama 14 hari. Tidak lagi ada persyaratan booster," kata Yaqut dalam keterangan resminya, Jumat (26/11).

Diketahui, sebelumnya otoritas Arab Saudi hanya menerima jemaah umrah dari luar negeri yang sudah divaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson&Johnson.

Sementara penerima vaksin Sinovac perlu dosis ketiga agar bisa masuk Arab Saudi. Namun peraturan tersebut telah dicabut. 

Kendati demikian, Yaqut tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama,” tegasnya. 

Selain Indonesia, Yaqut mengatakan, ada lima negara lain yang juga sudah mendapat izin masuk Saudi, yaitu: Pakistan, Brazil, India, Vietnam, dan Mesir.

Baca Juga: Mulai 1 Desember, Warga Indonesia Boleh Masuk Arab Saudi Tanpa Karantina 14 Hari



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x