Kompas TV tekno aplikasi

Video Vertikal Makin Digemari, Spotify Ikutan Jajal Umpan Video Mirip TikTok

Kompas.tv - 27 November 2021, 09:04 WIB
video-vertikal-makin-digemari-spotify-ikutan-jajal-umpan-video-mirip-tiktok
Spotify jajal fitur video vertikal. (Sumber: Pexels/cottonbro)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Di tengah ramainya penggunaan video vertikal, aplikasi pemutar musik streaming bernama Spotify kini dikabarkan sedang menguji umpan video mirip TikTok.

Melansir The Verge, Sabtu (27/11/2021), fitur baru Spotify yang mirip TikTok ini dikembangkan di aplikasi iOS beta dengan menampilkan klip video layer penuh ketika lagu diputar.

Umpan video ini nantinya dapat diakses di tab keempat yang terbaru dengan bilah navigasi berlabel “Discover”.

Baca Juga: Mulai 2023, Layanan Pesan di Facebook dan Instagram Baru akan Dilindungi Fitur Enkripsi

Lewat fitur ini, pengguna dapat menavigasikan umpan video secara vertikal, baik ke atas maupun ke bawah. Pengguna juga dapat menyukainya dan mendapatkan detail yang rinci tentang lagu yang muncul.

Chris Messina, penemu Spotify TestFlight, mengonfirmasi bahwa pihaknya memang tengah menjalani beberapa tes untuk fitur video vertikal ini.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa dari tes itu akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting,” tulisnya lewat cuitan Twitter.

Messina mengatakan bahwa fitur ini memang terinspirasi oleh aplikasi TikTok.

“Spotify Discover pada dasarnya adalah versi pengupas dari umpan bergaya TikTok dari video musik vertikal yang dapat Anda sukai dan lewati,” jelasnya.

Baca Juga: WhatsApp Jajal Fitur Reaction di Android, Mirip dengan DM Instagram, Seperti Apa?

Sayangnya, Messina enggan menjawab perihal kapan fitur tersebut akan tersedia bagi public.

Untuk diketahui, Spotify bukan satu-satunya aplikasi yang tengah menjajal fitur untuk video vertikal. Aplikasi Greenroom, yang merupakan pesaing Clubhouse, menguji fitur Stories ada Januari lalu.

Video vertikal ini memang menjadi kegemaran baru di antara pengguna mesia sosial, di mana berbagai aplikasi memiliki fitur video vertikalnya sendiri. YouTube dengan Shorts hingga Instagram dengan Reels.



Sumber : Kompas TV/The Verge

BERITA LAINNYA



Close Ads x