Kompas TV internasional kompas dunia

KBRI Maputo Sukses Kenalkan Perempuan Mozambik Menari Indonesia hingga Musik Angklung Toel

Kompas.tv - 28 November 2021, 13:41 WIB
kbri-maputo-sukses-kenalkan-perempuan-mozambik-menari-indonesia-hingga-musik-angklung-toel
Remaja puteri asal Mozambik menari tarian Indonesia di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Ibu Kota Mozambik, Baia Mall, Maputo 13-14 November 2021. (Sumber: KBRI Maputo)
Penulis : Fadhilah | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Maputo, Mozambik, sukses memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada acara Mini Trade Expo di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Ibu Kota Mozambik, Baia Mall, Maputo, pada 13-14 November 2021.

Gelaran serupa juga dihelat di Kota Matola, tepatnya di Novare Mall pada 27-28 November 2021. Uniknya, para penari adalah perempuan asli Mozambik.

Pada acara tersebut, KBRI Maputo memperkenalkan budaya Indonesia berupa musik Angklung Toel, tari-tarian, juga tak lupa membawakan lagu dari Mozambik.

Baca Juga: KBRI Tokyo Gelar Resepsi HUT ke-76 RI di Jepang, Hubungan Diplomatik Kedua Negara Semakin Erat

Dalam pagelaran budaya asal Indonesia, KBRI menampilkan tarian Jali-jali dan tarian Papua yang dibawakan oleh remaja putri asal Mozambik yang telah berlatih di Pusat Budaya Indonesia KBRI Maputo.

Duta Besar Indonesia untuk Mozambik merangkap Malawi, Herry Sudradjat mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk promosi kebudayaan dan produk ekspor Indonesia. Diplomatik budaya dan ekonomi itu terus dijalin serta dijaga terutama sejak akhir 2020.

"Diharapkan melalui kegiatan promosi kebudayaan dan produk ekspor Indonesia ini akan semakin meningkatkan citra Indonesia maupun wawasan masyarakat Mozambik terhadap budaya Indonesia serta produk ekspor Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/11/2021).

"Kegiatan yang telah berlangsung selama dua hari kemain telah berhasil menarik ratusan pengunjung setiap harinya. Khususnya ketika pagelaran musik Angklung Toel dan Tarian Tradisional Indonesia di Atrium Plasa Novare Mall, Kota Matola," sambung Herry.

Salah seorang pengunjung, Joao Fernando, menyatakan rasa kagumnya atas penampilan Tari Jali-jali yang dibawakan oleh para penari asal Mozambik. Kemudian permainan Angklung Toel yang baru pertama kali dia lihat. 

"Saya begitu tertegun melihatnya, kali pertama saya menyaksikan hal memukau seperti ini," katanya.

Untuk diketahui, Novare Mall adalah mal terbesar di Kota Matola, yakni salah satu kota besar di Mozambik. Lokasinya bersebelahan dengan Ibu Kota Negara, Maputo.

Baca Juga: Awas Varian Baru Omicron, Kemenkes Perketat Aturan Perjalanan dari Luar Negeri

Adapun pada akhir pekan biasanya sekitar 9.000-an pengunjung bisa menghadiri pusat perbelanjaan ini. Bahkan pada Desember merupakan musim ramai yang bisa mencapai angka 12.000-an ribu jiwa.

Sedangkan Kota Matola memiliki populasi hingga 1 juta jiwa dan merupakan kota yang tumbuh pesat di sisi ekonomi di Mozambik.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x