Kompas TV nasional update

3 Tokoh Publik atau Keluarganya yang Didiagnosis Terkena Demensia

Kompas.tv - 28 November 2021, 17:16 WIB
3-tokoh-publik-atau-keluarganya-yang-didiagnosis-terkena-demensia
Ilustrasi penderita demensia. Demensia dapat menyerang siapa saja. Sejumlah tokoh publik dalam dan luar negeri atau keluarganya pun ada yang didiagnosis mengidap demensia. (Sumber: Unsplash/Daniel Franco)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Seorang pengemudi mobil berinisial MSD (66) yang diduga mengalami demensia, melaju melawan arah menggunakan Mercedes-Benz E300 di jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) pada Sabtu (27/11/2021) lalu.

"Sementara dugaan info awal yang bersangkutan dalam kondisi demensia, atau menurunnya kondisi kemampuan berpikir dan mengingat," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, seperti diberitakan Kompas TV, Minggu (28/11/2021).

Demensia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan gejala yang terjadi pada otak yang dipengaruhi oleh penyakit atau kondisi tertentu.

Demensia dapat menyerang siapa saja. Sejumlah tokoh publik dalam dan luar negeri atau keluarganya pun ada yang didiagnosis mengidap demensia.

Berikut 3 tokoh publik maupun keluarganya yang didiagnosis mengidap demensia:

1. Dorce Gamalama

Diberitakan Kompas TV, Rabu, 27 Oktober 2021, presenter kondang Dorce Gamalama didiagnosis mengidap demensia alzheimer.

Hal ini diungkapkan oleh kerabat dekatnya, Hetty Sunjaya, yang menceritakan bahwa perempuan 58 tahun ini dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina.

“Mbak Dorce masuk kembali ke rumah sakit itu kemarin tanggal 24, dikarenakan kondisinya drop,” kata Hetty, Rabu (27/10/2021).

Menurut Hetty, Dorce sejak lama mengidap diabetes. Dorce mengalami komplikasi dari penyakit diabetesnya yang sudah menyebar hingga ke organ vitalnya, termasuk ginjal, jantung, hingga saraf.

“Dari gula itulah menyebar ke organ lain, termasuk ginjal, ginjalnya sudah kena, jantungnya, sarafnya,” tambah Hetty.

Penyakit diabetes yang menggerogoti tubuh Dorce hingga terkena saraf rupanya menjadi penyebab demensia alzheimer, menurut diagnosis dokter.



Sumber : Berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x