Kompas TV nasional update corona

Waspadai Varian Covid-19 Omicron, Wagub DKI Sebut Dinkes Siapkan Upaya Pencegahan dan Penanganan

Kompas.tv - 29 November 2021, 18:16 WIB
waspadai-varian-covid-19-omicron-wagub-dki-sebut-dinkes-siapkan-upaya-pencegahan-dan-penanganan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Senin (29/11/2021), mengatakan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah menyiapkan upaya pencegahan dan penanganan dalam mengantisipasi varian Covid-19 Omicron.  (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tengah menyiapkan upaya pencegahan dan penanganan dalam mengantisipasi varian Covid-19 Omicron. 

"Dinkes DKI juga sedang menyiapkan upaya-upaya pencegahan dan penanganan (soal Omicron)," kata Riza kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (29/11/2021). 

Ia pun meminta agar warga Jakarta terus waspada dan lebih berhati-hati, apalagi saat ini sudah banyak pelonggaran di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. 

"Tapi yang lebih penting adalah kita semua warga Jakarta di masa pelonggaran ini di PPKM Level 1 harus lebih waspada dan lebih hati-hati," kata Riza.

Baca Juga: 13 Pesepak Bola Klub Portugal Terinfeksi Varian Omicron, Diduga Ditulari Satu Orang

Riza menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pemerintah pusat juga melakukan pencegahan di hulu khususnya di pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan, serta di tempat-tempat umum. 

Ia meminta agar masyarakat turut berhati-hati khususnya saat memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pasalnya, seperti yang sudah-sudah, terjadi peningkatan kasus Covid-19 setelah libur panjang. 

"Sekarang kita memasuki sebentar lagi masa libur akhir tahun dan tahun baru, apalagi sudah diikuti juga dengan PPKM level 1 yang artinya pelonggaran sudah semakin banyak," kata Riza. 

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak tenggelam dalam euforia dan tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Tapi kita tidak boleh euforia tidak boleh kendor, tetap waspada dan pastikan laksanakan prokes, taat, disiplin, patuh, dan bertanggung jawab," kata Riza. 

Baca Juga: WHO: Varian Omicron, Alarm yang Sangat Keras untuk Seluruh Dunia!

Sebagai informasi, varian Omicron B.1.1.529 menjadi perhatian internasional karena karakteristiknya yang mengkhawatirkan dan disebut dapat meningkatkan risiko infeksi ulang dibandingkan varian lainnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.