Kompas TV internasional kompas dunia

Portugal Dirikan Kawasan Konservasi Laut Terbesar di Atlantik Utara Seluas 2.677 kilometer persegi

Kompas.tv - 30 November 2021, 13:15 WIB
portugal-dirikan-kawasan-konservasi-laut-terbesar-di-atlantik-utara-seluas-2-677-kilometer-persegi
Anemon raksasa (Telmatactis cricoides) dengan udang pembersih belang putih di kawasan konservasi perairan pulau Selvagens di kepulauan Madeira yang baru diperluas. (Sumber: Andy Mann/National Geographic Pristine Seas)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

LISBON, KOMPAS.TV — Otoritas Kepulauan Madeira Portugal pada Senin, (29/11/2021) memperluas kawasan laut yang dilindungi untuk mendirikan apa yang mereka sebut sebagai kawasan konservasi perairan yang dilindungi sepenuhnya, terbesar di Eropa dan Atlantik Utara, seperti dilansir Associated Press, Selasa, (30/11/2021)

Kawasan Konservasi Perairan pulau Selvagens ini mencakup 12 mil laut sekitar pulau Selvagens, sebuah kepulauan kecil di tengah antara Kepulauan Madeira dan Kepulauan Canary Spanyol, yang berada di lepas pantai barat laut Afrika, mencakup area total 2.677 kilometer persegi.

Semua spesies di dalam kawsan konservasi itu akan sepenuhnya dilindungi dari penangkapan ikan atau kegiatan ekstraktif lainnya, kata Oceano Azul, salah satu organisasi yang memperjuangkan suaka tersebut.

Peneliti mereka bergabung dengan Waitt Foundation dan National Geographic Pristine Seas untuk melakukan penelitian ilmiah yang mendukung perlunya kawasan konservasi perairan.

Baca Juga: China Janjikan Rp3,3 Triliun untuk Dana Konservasi Keanekaragaman Hayati

Kawasan Konservasi Perairan pulau Selvagens ini mencakup 12 mil laut sekitar pulau Selvagens, sebuah kepulauan kecil di tengah antara Kepulauan Madeira dan Kepulauan Canary Spanyol, yang berada di lepas pantai barat laut Afrika, mencakup area total 2.677 kilometer persegi. (Sumber: Ocean Retreat)

Dalam sebuah pernyataan, ketiga organisasi tersebut mengatakan perairan terbuka di sekitar pulau merupakan jalur penting untuk migrasi ikan dan mamalia, sementara perairan di dekat pantai pulau menyediakan habitat pembibitan yang penting.

Kelompok tersebut menekankan pentingnya langkah Portugal, mengingat hanya di bawah 8 persen dari lautan yang saat ini dilindungi.

Presiden regional Madeira, Miguel Albuquerque, mengatakan dalam sebuah pernyataan dia berharap persetujuan hari Senin akan "mengilhami" orang lain dalam mengambil "langkah-langkah serupa untuk melestarikan lautan kita."



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.