Kompas TV regional berita daerah

Kampung Jahe Merah, Pusat Budi Daya dan Pengolahan Jahe Merah di Kota Malang

Kompas.tv - 30 November 2021, 12:50 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

MALANG, KOMPAS.TV - Pandemi covid-19 membuat berbagai olahan produk herbal laris manis di pasaran. Salah satunya adalah jahe merah yang berkhasiat meningkatkan imun tubuh.

Di Kota Malang, Jawa Timur, terdapat sebuah kampung tematik yang warganya melakukan urban farming jahe merah. Berbagai olahan jahe merah pun turut diproduksi di kampung tersebut.

Baca Juga: Babel akan Manfaatkan Lahan Bekas Tambang untuk Budi Daya Ikan Gabus dan Toman

Namanya adalah Kampung Jahe Merah yang terletak di RT 02 RW 07, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Warga kampung ini melakukan urban farming dengan fokus ke tanaman herbal jahe merah.

Berbagai olahan produk jahe merah juga dihasilkan di kampung ini di antaranya jahe instan, manisan jahe, hingga gulali jahe merah atau yang kerap disebut gujamer.

Kampung Jahe Merah diinisiasi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Mulyorejo. Kampung Jahe Merah dianggap membawa dampak positif bagi warga sekitar, utamanya para ibu rumah tangga karena olahan jahe yang diproduksi bisa menjadi sumber pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Hampir Tutup Terdampak Pandemi, Usaha Suvenir di Malang Kini Mulai Bergeliat!

Warga Kampung Jahe Merah berharap, ada pihak yang bisa mendukung untuk memasarkan produk olahan jahe merah. Hal ini dimaksudkan agar eksistensi kampung jahe merah semakin meluas dan bisa meningkatkan kesejahteraan warga.

Video editor: Jihan Zahirah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x