Kompas TV nasional agama

GP Ansor Jawab Tudingan Jadikan Erick Thohir sebagai Banser NU karena Said Aqil Komut PT KAI

Selasa, 30 November 2021 | 14:06 WIB
gp-ansor-jawab-tudingan-jadikan-erick-thohir-sebagai-banser-nu-karena-said-aqil-komut-pt-kai
Erick Thohir resmi menjadi anggota kehormatan banser. Ada tudingan ia jadi Banser karena Saiq Aqil adalah Komisaris PT KAI, GP Ansor menolak tudingan itu (Sumber: ist)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Luqman Hakim menolak tudingan terkait Menteri BUMN Erick Thohir menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) berhubungan dengan posisi Said Aqil sebagai Komisaris Utama (Komut) PT KAI.

Menurutnya, hal ini sama sekali tidak berkaitan dengan jabatan Ketua Umum Pengurus Besar NU (PBNU) itu, tapi memang murni inisiatif Erick Thohir. 

Ia lantas menilai, jadi anggota Banser adalah keinginan Erick Thohir. Ia pun mengaku sudah berkoordinasi dengn ketua umum GP Ansor Gus Yaqut terkait Erick Thohir dan tidak mempermasalahkannya.

“GP Ansor menerima Pak Erick Thohir sebagai anggota, tidak ada kaitan dengan penilaian sejumlah pihak mengenai Pak Erick Thohir yang akan ikut berkompetisi pada Pemilu 2024 sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden," papar Luqman dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/11).

Baca Juga: Erick Thohir Dilantik Jadi Anggota Banser: Ikuti Ujian Mulai dari Jongkok, Merayap, dan Cari Baret

Luqman pun menyebut beberapa syarat terkait dengan keanggotaan Banser. Salah satunya, adalah memenuhi AD/ART organisasi sekaligus ikut pelatihan Pendidikan yang disebut Diklatsar Banser.

“Syaratnya, orang tersebut setuju dengan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) GP Ansor, mendaftarkan diri, dan mengikuti seluruh prosedur seleksi keanggotaan."

"Sebelum ditetapkan sebagai anggota Ansor Banser, Pak Erick Thohir sudah menjalani dan memenuhi semua ketentuan yang diatur PD/PRT GP Ansor," ujar Luqman.

Ia menuturkan, fokus utama GP Ansor adalah terus berikhtiar mengembangkan ajaran dan nilai-nilai universal Islam rahmatan lil alamin.

"Dalam konteks strategis inilah GP Ansor menerima Pak Erick Thohir sebagai anggota organisasi," kata dia.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA


Advertorial

Tas Mewah Berkualitas di E Wholesale

Minggu, 23 Januari 2022 | 09:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19