Kompas TV regional peristiwa

TNI Salurkan Bantuan dan Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir di Kalsel

Selasa, 30 November 2021 | 15:00 WIB

KOMPAS.TV - Banjir masih menggenangi permukiman di Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Aparat gabungan khususnya anggota TNI menyalurkan logistik bantuan ke titik-titik pengungsian banjir.

Tak hanya itu, para sukarelawan pun turut berjibaku menyusuri banjir demi bisa mengantarkan makanan bagi warga terdampak banjir.

Baca Juga: Berikan Bantuan, Mensos Risma Datangi Lokasi Banjir Garut

Sejak diberlakukan tanggap status darurat bencana oleh Bupati Hulu Sungai Tengah sejak 28 November, Danrem 101 Antasari memerintahkan jajaran Kodim membantu masyarakat dan berkoordinasi dengan pemda.

Menggunakan perahu karet ke lokasi korban banjir, petugas tni menyalurkan paket bantuan makanan.

Korem 101 Antasari menyatakan akan fokus menjamin keselamatan, pasokan makan , kesehatan, dan sanitasi para korban banjir di hulu Sungai Tengah.

Tak hanya mengirimkan makanan, anggota TNI juga membuka dapur umum di Stadion Mandingin Barabai.

Anggota TNI mempersiapkan makanan untuk didistribusikan ke lokasi pengungsi seperti di Masjid Shulaha, Masjid Agung dan SMA 1 Barabai.

Termasuk ke sejumlah warga yang masih bertahan di rumah masing-masing.

Sementara itu, walaupun turut terdampak banjir sejumlah warga Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tetap sigap membantu sesama.

Menjadi sukarelawan mereka berjibaku berjalan menyusuri banjir mengantarkan makanan bagi warga terdampak banjir.

Menggunakan peralatan seadanya dengan perahu karet para sukarelawan ini berkeliling kawasan Desa Pajukungan dan Desa Jaranih mendistribusikan makanan siap saji.

Awalnya para sukarelawan ini menggunakan dana pribadi untuk menyiapkan ratusan bungkus makanan siap saji, dan akhirnya kini mereka mendapat pasokan dari Dinas Sosial dan dermawan yang kemudian dapat menyiapkan hingga 1.500 makanan siap saji untuk korban banjir.

Penulis : Natasha Ancely

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19