Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Anak Takut Disuntik? Ini Strategi Jitu Dari Psikolog untuk Orang Tua

Kompas.tv - 30 November 2021, 16:37 WIB
anak-takut-disuntik-ini-strategi-jitu-dari-psikolog-untuk-orang-tua
Ilustrasi: Strategi jitu dari psikolog untuk orang tua agar anak-anak tidak merasa takut saat hendak disuntik (Sumber: Freepik)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahukah kamu, mengapa anak-anak suka merasa ketakutan saat hendak disuntik?

Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah DKI Jakarta, Anna Surti Ariani menjelaskan hal tersebut wajar lantaran sebagai sebuah respons dari anak atas sebuah ketakutan yang dirasakan.

Dalam ilmu Psikologi, respon ketakutan pada anak itu disebut dengan Fight or Flight Respons atau respons stres akut.

Melansir laman Verywellmind, Fight-or-Flight Respons mengacu pada reaksi fisiologis yang terjadi ketika seseorang berada di hadapan sesuatu yang menakutkan secara mental atau fisik.

Salah satunya terjadi ketika anak takut saat mau menerima suntikan imunisasi ataupun vaksin. Anna menjelaskan Fight Respons pada anak bisa terlihat dari sikapnya yang tiba-tiba marah ataupun nangis ketika hendak disuntik.

Sedangkan Flight Respons, kata Anna terlihat saat anak merasa takut dan mencoba untuk lari ataupun kabur saat melihat suntikan.

Oleh karena itu, pada kondisi seperti ini, Anna menjelaskan orang tua harus paham terhadap kondisi anak.

Sebab, ketakutan yang dialami anak, seperti takut disuntik ataupun melihat suntikan dapat memicu rasa tidak percaya anak kepada dokter hingga orang tuanya sendiri.

Baca Juga: Metode Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Petugas Akan Mendatangi Setiap Sekolah

"Seorang anak yang sedang mengalami ketakutan, ketika dipaksa untuk tetap disuntik akan semakin mengalami ketakutan. Hingga kemudian memicu tidak percaya dari anak kepada di sekelilingnya, mulai dari dokter dan orang tuanya sendiri," kata Anna Surti Ariani dalam sebuah webinar, Selasa (30/11/2021).

Oleh karena itu, Anna mendorong kepada orang tua dan dokter untuk memastikan anak tenang dahulu sebelum akhirnya disuntik imunisasi rutin ataupun vaksin Covid-19 yang akan di dapatkan pada 2022 mendatang.

Stategi jitu agar anak tidak merasa takut saat disuntik

Dalam paparannya secara daring, Anna kemudian membocorkan strategi yang bisa dilakukan orang tua agar anak-anak tidak merasa takut saat hendak disuntik, sebagai berikut:

  • Pahami apa yang akan dilakukan kepada anak

Penting bagi orang tua untuk memberikan pemahaman kepada anak terutama soal rasa yang timbul sehabis disuntik.

Anna mendorong kepada orang tua untuk berkata jujur soal rasa tersebut. Bukan justru membohongi anak dengan dalih 'tidak sakit, seperti digigit semut'.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x