Kompas TV regional berita daerah

Unik! Ada Wisata Edukasi Kampung Jahe Merah di Kota Malang

Kompas.tv - 30 November 2021, 18:58 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG,KOMPAS.TV- Kampung Jahe Merah ini terletak di RT 02 RW 07 Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Warga di kampung ini melakukan urban farming dengan fokus ke tanaman herbal jahe merah. Berbagai olahan produk jahe merah dihasilkan di kampung ini, diantaranya jahe instan, manisan jahe, hingga gulali jahe merah atau yang kerap disebut gujamer.

Kampung Jahe Merah ini diinisiasi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Mulyorejo. Sosialisasi dari rumah ke rumah dilakukan dalam rangka mengajak warga untuk mendirikan kampung ini.

“Memang awalnya harus door to door, kita kasih pengertian, nanti dampaknya begini. Bahwa dari jahe merah ini bisa untuk menambah pemasukan keluarga”, ujar Nanik selaku Ketua KWT Mulyorejo.

Kampung Jahe Merah ini diakui oleh warga membawa dampak positif, utamanya bagi ibu rumah tangga.

“Setelah masak jahe kita bisa kumpul-kumpul berbicara bagaimana caranya mengolah jahe merah itu bisa menghasilkan uang dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari”, tutur salah satu warga, Theresia.

Ke depannya, warga Kampung Jahe Merah berharap ada pihak yang mendukung untuk memasarkan produk olahan jahe merah. Hal ini dimaksudkan agar eksistensi Kampung Jahe Merah semakin meluas dan bisa meningkatkan kesejahteraan warga sekitar.

#kampungjahemerah #olahanherbal



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.