Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

5 Penyebab Rasa Manis di Mulut, Waspadai Diabetes

Kompas.tv - 30 November 2021, 19:33 WIB
5-penyebab-rasa-manis-di-mulut-waspadai-diabetes
Pakar penyakit dalam, Philip Junglas, MD, menjelaskan penyebab dan apa yang dapat dilakukan untuk mengobati rasa manis di mulut. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pernahkah Anda merasakan rasa manis di mulut? Itu bisa mengejutkan. Mungkin itu terjadi ketika sedang minum air atau mungkin makan sesuatu yang diharapkan lebih gurih.

Pakar penyakit dalam, Philip Junglas, MD, menjelaskan penyebab dan apa yang dapat dilakukan untuk mengobati rasa manis di mulut.

Dilansir Cleveland Clinic, kebanyakan orang merasakan rasa manis yang tak terduga saat mereka minum air. Menurut Dr Junglas, ada beberapa alasan khusus untuk hal ini.

1. Kebersihan mulut

Kebersihan mulut yang baik akan selalu memberi rasa yang paling murni, kata Dr Junglas. Tetapi masih ada beberapa penyebab yang akan memengaruhi indra pengecap.

“Kadang-kadang seseorang bangun di tengah malam dan menyesap air ketika mulutnya mengering saat mereka tidur,” katanya.

“Mereka mungkin memperhatikan bahwa air terasa lebih manis hanya karena sekresi yang mengering di malam hari mungkin memiliki sifat yang lebih asam. Dan ketika Anda menyeimbangkannya dengan air biasa, itu meningkatkan rasa manisnya, meskipun airnya hanya air.”

Baca Juga: Tidak Pede karena Bau Mulut? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Air itu sendiri

Pada kesempatan lain, rasa manis dari air mungkin tidak ada hubungannya dengan Anda dan semuanya berkaitan dengan air itu sendiri, terutama jika Anda tinggal di daerah pedesaan.

“Di tempat tinggal saya, saya punya air sumur yang rasanya lebih manis. Itu biasanya berkaitan dengan kadar kalsium dan zat besi yang lebih tinggi,” kata Dr Junglas.

Terlalu banyak zat besi dalam air tentu dapat menghasilkan rasa logam, tetapi, ia mencatat, pada tingkat tertentu dan dikombinasikan dengan kalsium, air akan terasa manis.

Faktor lain bisa jadi adalah hal-hal yang diambil air Anda saat melewati berbagai pipa sebelum dituangkan ke dalam gelas Anda.

Umumnya, membiarkan air mengalir selama beberapa saat sebelum mengumpulkannya ke dalam gelas Anda, akan menyiram bahan-bahan yang terkumpul melalui pipa sehingga Anda mendapatkan air yang lebih alami.

Entah itu air yang rasanya manis atau hanya rasa manis di mulut Anda, mungkin ada alasan biologis.

3. Indra penciuman Anda

Jika ada sesuatu yang memengaruhi sistem penciuman Anda, kata Dr. Junglas, itu pasti dapat memengaruhi indra perasa Anda. Dan sementara Anda mungkin memikirkan bagaimana apa yang Anda minum berdampak pada itu, Anda juga harus mempertimbangkan apa yang Anda minum.

“Jika Anda minum dari cangkir, aroma cangkir memengaruhi apa yang Anda rasakan. Jika cangkir baru saja keluar dari mesin pencuci piring, sabun dapat menyebabkan cairan terasa berbeda dibandingkan dengan cangkir yang Anda minum dari yang telah disimpan di rak selama beberapa hari.”

Terkait dengan itu, peradangan pada sinus juga dapat memengaruhi indra penciuman dan perasa Anda.

4. Refluks asam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x