Kompas TV olahraga kompas sport

Media Jerman Sebut Robert Lewandowski Ditipu dalam Penghargaan Ballon dOr

Kompas.tv - 30 November 2021, 19:54 WIB
media-jerman-sebut-robert-lewandowski-ditipu-dalam-penghargaan-ballon-dor
Meski gagal memenangkan Ballon d'Or 2021, Robert Lewandowski terpilih sebagai striker terbaik tahun ini. (Sumber: Robert Lewandowski)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media Jerman menyebut penghargaan Ballon d'Or sebagai "skandal" dan mengklaim bahwa mereka telah "menipu" Robert Lewandowski dari penghargaan tersebut.

Lewandowski belum berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or 2021 setelah berada di urutan kedua, di bawah Lionel Messi yang meraih rekor gelar ketujuh kalinya.

Keberhasilan La Pulga membawa Argentina menjadi juara Copa America menjadi salah satu alasan penyerang Paris Saint Germain itu membawa pulang trofi bola emas. 

Meski begitu banyak pihak yang merasa kecewa, terutama karena Lewandowski difavoritkan untuk memenangkan Ballon d'Or 2020 yang kemudian dibatalkan karena pandemi.

Lewandowski, yang memenangkan striker terbaik tahun ini, pada musim 2020-2021 mampu mencetak 38 gol dalam 30 pertandingan liga dan merengkuh gelar  Bundesliga bersama Bayern Munich. 

Tak terpilihnya Lewandowski membuat Surat kabar Jerman Bild menyebut bahwa pesepakbola asal Polandia itu "tertipu" dan menyebut pilihan pemenang Ballon d'Or sebagai hal yang memalukan

"Ini tidak mungkin benar. Itu adalah pilihan yang memalukan," tulis Bild. 

Sementara itu mantan pemain internasional Jerman yang juga sempat memenangkan Ballon d'Or, Lothar Matthaus juga tidak bisa mempercayai hasilnya.

Baca Juga: Kroos: Messi Tidak Pantas Raih Ballon d'Or 2021

“Dengan segala hormat kepada Lionel Messi dan semua nominasi pemain hebat lainnya, tidak ada yang pantas mendapatkannya seperti Lewandowski," kata Matthaus dikutip dari The Independent.

"France Football tidak memberikan hadiah tahun lalu, dan jika hanya karena semua gelar yang telah dimenangkan Robert bersama Bayern 2020, ia tak tertandingi tidak hanya dalam dua tahun terakhir."

“Tetapi bahkan jika Anda hanya memperhitungkan 2021, dia lebih baik daripada yang lain."

"Dia memecahkan rekor Gerd Müller abad ini, sekali lagi berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak di setiap kompetisi, dan telah melampaui semua orang secara nasional dan internasional tahun ini juga," tutur Matthaus. 

Messi sendiri yang memenangkan Ballon d'Or 2021 menganggap Lewandowski pantas untuk mendapatkan penghargaan ini. 

Ia bahkan berharap France Football memberikan Lewandowski gelar Ballon d'Or 2020 yang tak jadi dilaksanakan tahun lalu. 

“Saya ingin menyebutkan Robert Lewandowski, sungguh suatu kehormatan untuk bersaing dengannya. Saya pikir France Football harus memberi Anda Ballon d'Or 2020. Anda pantas mendapatkannya," ucap Messi. 

Baca Juga: Lionel Messi Merasa Robert Lewandowski Pantas Menangkan Ballon d'Or



Sumber : Kompas TV/Independent

BERITA LAINNYA



Close Ads x