Kompas TV internasional kompas dunia

Rihanna Dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Republik Barbados

Kompas.tv - 30 November 2021, 20:02 WIB
rihanna-dinobatkan-sebagai-pahlawan-nasional-republik-barbados
Rihanna (oranye) mendampingi perdana menteri dan presiden Barbados, Mia Mottly (kiri) dan Sandra Mason (kanan) dalam upacara deklarasi Republik Barbados di Bridgetown, Selasa (30/11/2021). (Sumber: Kantor Perdana Menteri Barbados via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

BRIDGETOWN, KOMPAS.TV - Barbados resmi memutus ikatan dari monarki Inggris Raya pada Selasa (30/11/2021). Negara-pulau itu menjadi republik dan dideklarasikan dalam sebuah upacara di ibukota Bidgetown.

Dalam upacara tersebut, Barbados sekaligus mengangkat pahlawan nasional baru. Republik baru tersebut menobatkan diva pop Rihanna sebagai pahlawan nasional.

Perdana menteri sekaligus tokoh republikan Barbados, Mia Mottley mengumumkan penobatan musisi berusia 33 tahun.

“Semoga kamu selalu bersinar seperti berlian (diamond) dan mengangkat harkat bangsamu dengan karya dan tindakan,” kata Mottley kepada Rihanna dikutip Al Jazeera

Mottley merujuk single terkenal sang musisi yang berjudul “Diamonds.”

Baca Juga: Barbados Keluar dari Monarki Inggris Raya, Resmi Jadi Republik

Menurut Mottely, Rihanna dinobatkan karena “imajinasi tentang dunia lewat pengupayaan keagungan dengan kreativitas, disiplin, dan lebih dari apa pun, komitmen luar biasanya untuk tanah kelahirannya.”

Barbados merdeka dari Inggris Raya pada November 1966, tetapi masih berstatus di bawah monarki Ratu Elizabeth II.

Gerakan pro-republik menguat di Barbados dua dekade terakhir. Barbados sendiri pernah mengusulkan referendum untuk menjadi republik pada 2008. Namun, upaya ini gagal.

Negara dengan populasi sekitar 300.000 jiwa ini mengumumkan akan lepas dari monarki pada 2020. Barbados tidak butuh persetujuan Inggris Raya untuk melakukannya.

Upacara deklarasi Republik Barbados dilangsungkan sejak Senin (29/11) malam waktu setempat hingga Selasa (30/11) pagi. Berbagai tokoh seperti pemimpin Barbados serta Pangeran Charles dan Rihanna menghadiir upacara ini.

Upacara tersebut sekaligus melantik presiden pertama sepanjang sejarah Barbados, Sandra Mason.

Baca Juga: Rihanna Jadi Penyanyi Perempuan Terkaya Berkat Bisnis Kosmetik


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x