Kompas TV video cerita indonesia

Scuba Diving Sambil Rehabilitasi Terumbu Karang

Kompas.tv - 30 November 2021, 21:12 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Scuba diving merupakan kegiatan jelajah bawah laut dengan bantuan alat pernapasan, sehingga durasi penyelamannya bisa lebih panjang.

SCUBA yakni Self Contained Underwater Breathing Apparatus yang jika diterjemahkan menjadi alat pernapasan mandiri di bawah air.

Ketapang Dive Community adalah sebuah komunitas scuba diving yang berada di Manokwari, Papua Barat.

Komunitas yang di prakarsai oleh Alexander Sitanala (Econ) ini telah berdiri dari tahun 2020. Belum terlalu lama memang, tapi sepak terjang dari komunitas ini cukup mengagumkan.

Betapa tidak, belum genap satu tahun komunitas ini beberapa kali telah melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang di Teluk Doreri, Manokwari Papua Barat.

Kegiatan transplantasi ini dimaksudkan untuk merehabilitasi terumbu karang yang rusak, atau untuk memperluas ekosistem terumbu karang yang sudah ada.

“Sejauh ini kita melakukan kegiatan ini (transplantasi terumbu karang) secara swadaya dari anggota” tutur Alexander Sitanala.

Kegiatan tersebut berkala dilakukan oleh komunitas diving ketapang untuk melestarikan ekosistem laut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.