Kompas TV internasional kompas dunia

Hati-Hati! Di Negara Ini, Sebar Gosip di Medsos Bisa Kena Denda Rp390 Juta!

Rabu, 1 Desember 2021 | 02:25 WIB
hati-hati-di-negara-ini-sebar-gosip-di-medsos-bisa-kena-denda-rp390-juta
Di bawah undang-undang kejahatan siber Uni Emirat Arab yang baru, mereka yang memublikasikan dan menyebarkan berita bohong dan gosip di media sosial dapat dijatuhi hukuman denda minimal sebesar 100.000 dirham (sekitar Rp390 juta) dan satu tahun penjara. (Sumber: Adem AY on Unsplash)

DUBAI, KOMPAS.TV - Uni Emirat Arab memberlakukan undang-undang kejahatan siber baru. Di bawah undang-undang ini, mereka yang memublikasikan dan yang menyebarkan berita bohong dan gosip di media sosial dapat dijatuhi hukuman denda minimal sebesar 100.000 dirham (sekitar Rp390 juta) dan satu tahun penjara.

Hukuman itu akan meningkat menjadi dua tahun penjara dan denda minimal 200.000 dirham (sekitar Rp780 juta) jika perbuatan itu dilakukan di masa pandemi, darurat, dan krisis.

Undang-Undang Federal No. 5 Tahun 2021 tentang Pemberantasan Kejahatan Siber yang akan mulai berlaku pada 2 Januari 2022 itu meliputi wilayah-wilayah baru internet yang tidak termasuk dalam undang-undang sebelumnya.

“Di bawah ketentuan baru ini, pengguna daring yang membagikan informasi tidak benar juga menjadi bagian dari tindak kejahatan, tidak hanya yang mempublikasikannya,” ujar Ghassan El Daye, partner dan kepala litigasi untuk Timur Tengah di Charles Russell Speechlys, seperti dikutip dari Khaleej Times, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Pengunjung Terjebak 3 Hari di Pub Tertinggi Inggris karena Badai Salju, Untung Dihibur Noasis

“Ini penting karena kita tahu bagaimana berita bohong cenderung membuat pembaca menyebarkannya tanpa memastikan autentisitasnya yang mungkin tanpa disengaja akan menimbulkan kepanikan,” imbuhnya.

Untuk pertama kalinya, undang-undang itu juga mendefinisikan istilah ‘robot eletronik’.

Pasal 54 menyatakan bahwa menggunakan atau memodifikasi robot elektronik untuk menyebarkan, menyebarkan kembali atau mengedarkan berita bohong di negara tersebut dapat terkena hukuman dua tahun penjara atau denda sebesar 100.000 dirham hingga 1 juta dirham, atau keduanya.

Selain itu, seseorang dapat diancam hukuman satu tahun penjara atau denda antara 30.000 dan 300.000 dirham, atau keduanya jika memublikasikan informasi yang tidak memenuhi kriteria konten media.

Baca Juga: Belum Move On dari Hasil Pilpres 2020, Donald Trump Tantang Editor Surat Kabar dan Politikus Debat

Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Khaleej Times



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

PN Depok Tutup Sementara

Jumat, 28 Januari 2022 | 15:59 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19