Kompas TV internasional kompas dunia

Vaksin Jadi Kata Tahun Ini versi Kamus Merriam-Webster, Kenapa?

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 01:25 WIB
vaksin-jadi-kata-tahun-ini-versi-kamus-merriam-webster-kenapa
Vaksin menjadi kata tahun ini versi kamus Merriam-Webster. (Sumber: Ilustrasi situsweb Merriam-Webster)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kamus bahasa Inggris Merriam-Webster menobatkan vaccine (vaksin) sebagai kata tahun ini alias Word of the Year 2021. 

Kamus yang pertama dirilis pada 1828 ini rutin menerbitkan Word of the Year tiap tahunnya. Dua tahun belakangan, pilihannya terkait pandemi Covid-19.

Kata tahun ini dipilih Merriam-Webster berdasarkan data lookup, pola peningkatan dalam pencarian, serta tren pencarian tahunan.

Pencarian kata vaksin sendiri meningkat 601 persen dibanding tahun 2020 di kamus Merriam-Webster. Kamus ini juga merilis edisi digital di situswebnya ataupun aplikasi.

Merriam-Webster menyebut ketertarikan atas kata vaksin meningkat sejak awal pandemi Covid-19, ketika diskusi tentang pengembangan, pendanaan, pengetesan, dan distribusi vaksin menjadi perbincangan publik.

Dibanding tahun 2019, pencarian definisi kata vaksin meroket hingga 1.048 persen.

“Dalam penggunaan sehari-hari, kata-kata adalah alat berguna untuk mengomunikasikan pernyataan, gagasan, aspirasi, dan ketidakpastian. Namun kata-kata juga bisa menjadi kendara konflik ideologis,” tulis Merriam-Webster dalam rilisnya.

“Inilah yang terjadi pada vaccine (vaksin) pada 2021. Solusi medis menjanjikan terhadap pandemi yang menjungkirbalikkan kehidupan kita pada 2020 yang juga menjadi argumen politis dan sumber perselisihan. Cerita sains terbesar pada era kita segera menjadi perdebatan terbesar di negara kita, dan kata di tengah pusaran kedua sisi cerita adalah vaccine,” imbuh pernyataan tersebut.

Baca Juga: Lindungi Lansia Dengan Vaksinasi - ZONA INSPIRASI

Merriam-Webster pun menambah definisi vaksin seiring perkembangan penggunaannya selama pandemi Covid-19. Saat ini, kamus tersebut mengakomodasi dua definisi serta dua subdefinisi.

Merriam-Webster merasa perlu mengakomodasi perubahan makna seiring perkembangan diskusi seputar vaksin serta perkembangan teknologinya.

Pandemi Covid-19 sendiri membuka diskusi baru yang lebih luas mengenai vaksin. Salah satunya adalah pengenalan teknologi mRNA untuk vaksin Covid-19.

Menurut etimologi Merriam-Webster, kata vaccine berasal dari kata bahasa Latin untuk ‘sapi’, yakni vacca. Pasalnya, istilah ini awalnya digunakan pada 1880-an untuk merujuk inokulasi cacar sapi ke manusia untuk menanggulangi wabah cacar.

“Kata vaccine bermakna lebih luas dari sekadar obat pada 2021. Bagi banyak orang, kata itu menandakan kemungkinan kembalinya kehidupan yang kita jalani sebelum pandemi. Namun, itu juga menjadi pusat debat soal pilihan pribadi, afiliasi politik, regulasi profesional, keamanan sekolah, ketidaksetaraan layanan kesehatan, dan banyak lagi,” tulis Merriam-Webster.

“Hanya ada sedikit kata yang dapat memuat ekspresi begitu luas pada suatu waktu.”

Selain vaksin, Merriam-Webster juga menunjuk kata tahun ini yang lain, di antaranya adalah insurrection (pemberontakan), cicada (sejenis jangkrik), serta perseverance (kegigihan).

Baca Juga: Soal Polemik Kamus Sejarah Indonesia, Said Aqil: Bukan Salah Nadiem


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.