Kompas TV nasional politik

Hasil Survei: Ini 3 Pasangan Capres-Cawapres Terkuat di Pilpres 2024

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 07:00 WIB
hasil-survei-ini-3-pasangan-capres-cawapres-terkuat-di-pilpres-2024
Kolase foto Ganjar Pranowo, Puan Maharani dan Prabowo Subianto. (Sumber: Tribun Manado)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga survei New Indonesia Research & Consulting memaparkan, terdapat tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) terkuat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono mengungkap sejumlah nama yang masuk dalam daftar bursa capres dan cawapres tersebut.

Baca Juga: Ini Peluang Pasangan Prabowo-Puan yang Dideklarasi DPN PPP Jika Bertemu Ganjar di Pilpres 2024

"Prabowo paling kuat ketika berpasangan dengan Puan Maharani, Ganjar dengan Ridwan Kamil dan Anies Baswedan berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono," kata Andreas melalui keterangan resminya di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

New Indonesia Research & Consulting melakukan simulasi dengan memasangkan tiga capres terkuat yakni Ganjar, Prabowo dan Anies Baswedan. Ketiganya berpasangan dengan enam nama yang memiliki peluang kuat maju sebagai calon wakil presiden.

Keenam nama tersebut yakni Puan Maharani, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga Uno, Erick Thohir dan Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Golkar Perintahkan Seluruh Kader Wajib Sukseskan Airlangga Capres

Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani mendapat dukungan terbesar 50,3 persen dibandingkan jika berpasangan dengan nama-nama yang lain. 

Pasangan kuat lainnya yakni Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil 45,4 persen dan Anies- Agus Harimurti Yudhoyono 34,3 persen.

Menurut Andreas, pasangan Prabowo-Puan merepresentasikan poros koalisi dua partai politik besar yaitu PDIP dan Gerindra. Sedangkan Anies-AHY berpeluang didukung oleh poros NasDem yang dikomandoi oleh Surya Paloh.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.