Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Taman Tumbuhan Obat

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 18:34 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Asri dan penuh tamanan, kesan itulah yang pertama kali tampak dari taman toga di desa titik Kecamatan Semen Kabupaten Kediri ini. Puluhan tanaman obat tumbuh subur di lahan seluas 60 meter persegi yang dulunya terbengkalai.

Ide pembuatan taman toga ini, muncul dari kegelisahan para ibu akan ketergantungan penggunaan obat kimia, untuk menyembuhkan penyakit. Dari situlah, para ibu kemudian berkonsultasi dengan tim medis Puskesmas untuk mencoba menggunakan tanaman obat sebagai gantinya.

Tidak hanya mengolah tanaman obat, namun para ibu di desa setempat justru berpikiran untuk menanam tanaman toga sendiri. Bermodal dana swadaya, para ibu kemudian membeli 30 jenis bibit tanaman toga, untuk ditanam di lahan desa yang tidak termanfaatkan.

Kini setelah 3 tahun berjalan, sudah ada 50 jenis tanaman obat yang tumbuh di tempat tersebut. Warga pun dapat mengambil dan memanfaatkan tanaman toga yang ada secara gratis.

Selain bermanfaat mengurangi ketergantungan obat kimia, taman toga tersebut juga mempercantik lingkungan.

#kediri #tanamantoga #obat #herbal #beritakediri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.