Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Durian Matahari dengan Pupuk Organik, Bisa Dipanen 3 Kali Setahun

Kompas.tv - 1 Desember 2021, 19:34 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Seorang petani di Lumajang Jawa Timur sukses budidaya durian matahari berkualitas tinggi dan tahan penyakit. Bahkan kebun durian mataharinya dapat berbuah tiga kali dalam setahun. Rahasianya ternyata cuma satu, yakni menggunakan pupuk organik cair.

Adalah Huda, warga Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, yang sukses budidaya durian matahari. Tanaman durian jenis itu biasanya tidak tahan penyakit dan hama. Namun di tangan Huda, durian matahari dapat tumbuh kuat dan tahan penyakit.

Baca Juga: Makan Durian Sepuasnya Cukup Bayar 99 Ribu

Yang paling mengejutkan lagi, tanaman durian matahari milik Huda bisa berbuah dan panen 2 hingga 3 kali dalam setahun. Huda memanen buah durian yang masak di pohon dan jatuh ke tanah.

Durian jenis matahari bentuknya bulat dan dagingnya kuning, seperti pancaran matahari. Bau durian juga tidak menyengat sehingga aman dibawa dalam mobil.

Baca Juga: Durian Mentega Lereng Semeru

Agar tahan penyakit dan sering berbuah, Huda melakukan pemupukan rutin dengan pupuk organik cair. Soal rasa jangan khawatir, pemupukan organik ternyata bisa menambah varian rasa dan dagingnya lebih tebal.

Selain pada tanaman durian, Huda juga melakukan pemupukan secara organik pada tanaman salaknya. Hasilnya produksi salak semakin meningkat.

 

#DurianMatahari #BudidayaDurian #BuahDurian #pupukorganik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x