Kompas TV tekno aplikasi

Spotify Wrapped 2021 Telah Hadir, Seperti Ini Cara Akses dan Share Hasilnya

Kompas.tv - 2 Desember 2021, 13:35 WIB
spotify-wrapped-2021-telah-hadir-seperti-ini-cara-akses-dan-share-hasilnya
Spotify Wrapped 2021. (Sumber: Spotify)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Platform musik dan audio daring, Spotify, kembali menghadirkan catatan pengalaman selama satu tahun terakhir bagi penggunanya lewat Spotify Wrapped 2021.

Ya, tiap jelang akhir tahun, Spotify Wrapped memang selalu ditunggu-tunggu oleh kawula muda yang gemar mendengarkan musik atau podcast di aplikasi tersebut.

Dalam Spotify Wrapped, para pengguna dapat melihat personalisasi kilas balik pengalaman mendengarkan musiknya dalam satu tahun ini dan membagikannya ke berbagai media sosial.

Tak perlu khawatir, fitur tersebut berlaku bagi pengguna Spotify di seluruh dunia, baik yang gratis maupun premium.

Adapun, cara untuk mengakses Spotify Wrapped 2021 pun cukup mudah karena bisa langsung melalui aplikasi Spotify di iOS dan Android.

Baca Juga: Spotify Luncurkan Netflix Hub, Pengguna Tak Perlu Repot-Repot Cari Soundtrack Film

Cara akses dan share Spotify Wrapped 2021

  • Buka aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped, dan pastikan sudah melakukan login ke akun pribadimu.
  • Pilih spanduk 'Your 2021 Wrapped' di bagian beranda aplikasi, atau bisa juga dengan mencari kata 'wrapped' di kolom pencarian.
  • Setelah mengeklik spanduk tersebut, guliran cerita yang menyajikan pengalaman di Spotify selama satu tahun ini akan langsung tersaji.
  • Lalu, untuk membagikannya, tinggal tekan opsi Share This Stories yang ada di bagian bawah, kemudian pilih hendak tujuannya, bisa Instagram, Twitter atau WhatsApp.

Informasi apa saja yang iditampilkan dalam Spotify Wrapped?

Tentunya, seperti artis teratas, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan total menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio selama setahun.

Baca Juga: Video Vertikal Makin Digemari, Spotify Ikutan Jajal Umpan Video Mirip TikTok

Ada yang baru di Spotify Wrapped 2021

Tak hanya itu, pada edisi kali ini, 381 juta pengguna Spotify juga mendapat sesuatu yang baru dalam ringkasan pengalamannya masing-masing.

Hal yang baru itu adalah catatan yang diberi tajuk 2021: The Movie, Playing Cards, Your Audio Aura, Blend, dan Artist’s Clips.

1. 2021: The Movie

Dalam sesi ini, akan tersaji deretan lagu teratas pengguna yang dicocokkan dengan adegan film klasik yang akan menggambarkan perjalanan audio mereka.

2. Your Audio Aura

Tahun ini, Spotify bekerja sama dengan ahli aura untuk memvisualisasikan aura audio setiap penggunanya berdasarkan dua mood musik yang paling banyak didengarkan.

3. Playing Cards

Permainan interaktif berdasarkan data yang dapat dibagikan kepada teman.

4. Blend

Berkaitan dengan fitur Blend yang diluncurkan tahun ini, pengguna setia Spotify dapat melihat bagaimana kecocokan selera musik mereka di tahun 2021 ini dengan teman-teman mereka.

Dengan begitu, keduanya bakal mendapatkan playlist yang dapat didengarkan bersama dan dibagikan ke yang lain.

5. Artist’s Clips

Artist’s Clips adalah playlist berbasis data yang berisi beragam musik dari artis-artis teratas, baik yang lokal maupun internasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x