Kompas TV video tahu gak sih lo?

Virus Corona Varian Omicron, Lebih Berbahaya dari Varian Delta?

Jumat, 3 Desember 2021 | 17:03 WIB

Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penurunan angka kasus baru covid-19 di Indonesia memang memberikan kita waktu untuk menarik nafas dalam memulihkan kerusakan yang disebabkan virus corona. Selain di Indonesia, angka virus corona juga secara tiba-tiba turun di Jepang. 

Ditengah berita yang menggembirakan ini, virus corona varian baru muncul dan mengintai. Berawal di Afrika Selatan, virus corona varian B.1.1.529 ata yang diberi nama Omicron ini telah  masuk ke negara lain seperti Hong Kong, Belgium, dan Israel. 

Varian Omicron masuk ke dalam Variant of Concern atau varian yang sangat diperhatikan karena kemampuan mutasinya yang tak biasa. Penelitian sementara mengatakan bahwa varian Omicron memiliki 50 mutasi dan masuk ke dalam kategori mengkhawatirkan. 

Baca Juga: Duh, Omicron Ternyata Sudah Ada di Malaysia sebelum Afrika Selatan Lapor ke WHO

Varian Omicron disebut mampu menghindari sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, dua mutasi dari virus ini meningkatkan infektivitas dan mengurangi antibodi. 

Namun jangan khawatir, selama tubuh sudah divaksin, baik vaksin pertama atau sudah dosis lengkap, kemungkinan gejala sakit parah dan kematian akan sangat berkurang. 

Yuk! Berikan perlindungan bagi tubuh dengan melakukan vaksinasi!

Video Editor: Vila Randita


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x