Kompas TV nasional kompas pagi

BMKG Beberkan 3 Wilayah Indonesia yang Berpotensi Terjadi Gempa dan Tsunami

Kompas.tv - 4 Desember 2021, 09:38 WIB
bmkg-beberkan-3-wilayah-indonesia-yang-berpotensi-terjadi-gempa-dan-tsunami
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut ada tiga wilayah yang perlu mendapatkan perhatian terkait potensi terjadinya gempa bumi dan tsunami. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut ada tiga wilayah yang perlu mendapatkan perhatian terkait potensi terjadinya gempa bumi dan tsunami.

Ketiga wilayah tersebut adalah, pertama, kawasan yang memiliki sumber gempa potensial di laut, seperti Sumatera, Selatan Jawa, Bali, Sulawesi, NTB, dan NTT.

“Hampir seluruh Indonesia Timur itu rawan tsunami,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam Sapa Indonesia Akhir Pekan Kompas TV, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Inilah Titik Lokasi Evakuasi Apabila Terjadi Tsunami di Cilegon

Wilayah kedua adalah kawasan yang memiliki catatan sejarah tsunami. Sedangkan wilayah ketiga, adalah kawasan-kawasan yang belum mengalami gempa besar cukup lama.

“Ini harus diperhatikan juga. Biasanya kalau kawasan sudah terjadi gempa besar, maka daerah tengah yang masih sepi bisa berpotensi,” lanjutnya.

Daryono mencontohkan kawasan Selat Sunda, yang berdasarkan catatan BMKG belum pernah terjadi gempa besar selama ratusan tahun.

Sementara di wilayah sekelilingnya, termasuk Pangandaran sudah pernah mengalami.

“Itu yang harus kita waspadai,” tegasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x