Kompas TV nasional berita utama

Kunjungi Sintang, Jokowi Perintahkan KLHK Buat Persemaian di Sekitar Sungai Kapuas dan Melawi

Rabu, 8 Desember 2021 | 14:35 WIB
kunjungi-sintang-jokowi-perintahkan-klhk-buat-persemaian-di-sekitar-sungai-kapuas-dan-melawi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk membuat nursery (tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih atau persemaian) di sekitar Sungai Kapuas dan Sungal Melawi.

Tidak hanya KLHK, Presiden Jokowi mengatakan akan memerintahkan perusahaan-perusahaan besar yang ada di Kalimantan Barat untuk membuat nursery.

Perintah tersebut disampaikan Presiden Jokowi seusai menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir di halaman Detasemen Kesehatan Wilayah Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021).

“Kita akan perintahkan kepada KLHK serta perusahaan-perusahaan besar yang ada di sini untuk membuat nursery persemaian, sehingga perhutanan kembali bisa berjalan,” kata Jokowi.

Dalam kunjungan ke Sintang, Jokowi menuturkan banjir yang terjadi bukan hanya karena hujan ekstrem.

Tetapi, katanya, banjir di Sintang juga diakibatnya dari kerusakan daerah aliran sungai dan daerah tangkapan hujan.

Baca Juga: Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Minta Direlokasi ke Tempat Aman: Tolong Pak Jokowi

“Ini terjadi pertama memang adanya hujan yang ekstrem, tapi yang kedua, ya ini perlu kita atasi adalah kerusakan daerah aliran sungai, kerusakan area daerah tangkapan hujan, inilah yang juga akan kita siapkan untuk dikerjakan,” ujarnya.

“Yaitu penanaman kembali, penanaman pohon, penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar sungai Kapuas maupun Sungai Melawi,” tambah Jokowi.

Sebelumnya diberita KOMPAS TV, Presiden Jokowi telah menyatakan bahwa banjir yang terjadi di Sintang akibat dari Sungai Kapuas tidak bisa menampung dan akhirnya meluber.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x