Kompas TV internasional kompas dunia

Pameran Temuan Mumi di Peru: Terikat Tali, Tangan Menutupi Wajah

Rabu, 8 Desember 2021 | 16:38 WIB

PERU, KOMPAS.TV - Para arkeolog memamerkan "Mummy of Cajamarquilla" yang ditemukan di situs penggalian sekitar 25 km dari Kota Lima, Peru. Pameran tersebut berlangsung pada hari Selasa (7/12), di Universitas Nasional San Marcos.

Mumi itu diduga seorang pria yang meninggal antara 800 hingga 1.200 tahun yang lalu. Mumi ditemukan dalam kondisi tubuh terikat tali.

Dilansir dari The Guardian, seorang arkeolog bernama Pieter Van Dalen Luna mengatakan mumi tersebut merupakan seseorang yang berasal dari budaya yang berkembang di antara pantai dan pegunungan di negara tersebut.

Baca Juga: Misteri Ditemukannya Mumi Manusia Gajah di dalam Gua Gunung Berapi, Diyakini Sejak 1970-an

Para peneliti memperkirakan mumi yang ditemukan berusia 800 hingga 1.200 tahun. Periode tersebut merujuk ke zaman pra-Hispanik, periode sebelum peradaban Inca mendirikan benteng terkenal Machu Picchu pada abad ke-15.

Mumi tersebut diperkirakan seorang pemuda berumur 25 hingga 30 tahun yang datang dari pegunungan ke Cajamarquilla. Kawasan itu dulunya merupakan pusat komersial yang ramai di era pra-Columbus.

Baca Juga: Potongannya Disatukan, Isi Buku Kematian Mesir Kuno Pembungkus Mumi Berusia 2.300 Tahun Terungkap

Penggalian dimulai pada pertengahan Oktober dengan tim beranggotakan 40 orang yang dipimpin Van Dalen Luna dan rekannya Yomira Huamán Santillán. Penemuan mumi ini cukup mengejutkan tim penggalian karena mereka sebenarnya tidak mencari mumi.

Beberapa mumi sebelumnya telah ditemukan di Peru dan wilayah negara tetangganya, Chile yang sebagian besar berusia lebih dari 1.000 tahun.

Video editor: Febi Ramdani

Penulis : Akbar Prabowo

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Advertorial

Tas Mewah Berkualitas di E Wholesale

Minggu, 23 Januari 2022 | 09:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:15
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19