Kompas TV internasional kompas dunia

Buka Bali Democracy Forum 2021, Menlu Retno: Kondisi Global Mulai Pulih dari Pandemi

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 15:33 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

BADUNG, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi membuka Bali Democracy Forum (BDF) ke-14 tahun 2021 yang diselenggarakan pada Kamis (9/12) secara hybrid atau secara langsung dan virtual.

BDF merupakan forum antar-pemerintah negara-negara di Asia dan Pasifik untuk membahas berbagai aspek dari sistem demokrasi. BDF kali ini mengambil tema "Democracy for Humanity Advancing Economic and Social Justice During the Pandemic".

Di tahun ini, BDF diikuti oleh 335 peserta dari 95 negara dan 4 organisasi internasional yang hadir baik secara fisik maupun virtual.

Baca Juga: Indonesia Tidak Undang Myanmar dan Sudan dalam Bali Democracy Forum Tahun Ini

Sekjen PBB Antonio Guterres dan 18 pejabat setingkat menteri dan wakil menteri juga turut hadir dalam acara, antara lain Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken.

Dalam pidato pembukaan yang ia sampaikan, Retno mengatakan bahwa kondisi global saat ini sudah mulai pulih dari pandemi Covid-19. Namun demikian, masih ada negara yang melakukan pengetatan sementara karena adanya varian baru Omicron.

Menlu menambahkan, ekonomi global diperkirakan tumbuh 5,9% tahun ini. Mindset yang dimiliki negara-negara juga telah berubah dari bertahan menjadi pemulihan.

Video editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x