Kompas TV regional berita daerah

Kakanwil Kumham Sulsel Buka Rakor Dilkumjakpol Plus

Kompas.tv - 9 Desember 2021, 16:08 WIB
kakanwil-kumham-sulsel-buka-rakor-dilkumjakpol-plus
Kakanwil Kumham Sulsel Buka Rakor Dilkumjakpol Plus tahun 2021 (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto buka Rapat Koordinasi Dilkumjakpol Plus Tahun 2021 di Hotel Mercure Makassar, Rabu(8/12).

Kegiatan ini menghadirkan 5 orang narasumber yang terdiri dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi, dari Kepolisian Daerah Sulsel Kompol Sarifuddin, Kejaksaan Tinggi Sulsel Hasnadirah, Pengadilan Tinggi Makassar Thamrin Tarigan, Kabid Brantas BNNP Sulsel Kombespol, Agustinus Sollu dengan tema" Pelaksanaan Tugas Aparat Penegak Hukum dan Kendalanya Terkait Sistem Peradilan Terpadu di Sulaweai Selatan".

Diawal sambutannya Kakanwil Harun menyampaikan terima kasih atas sinergi dan kolaborasi yang terjalin antar aparat penegak hukum (APH) dengan Kemenkumham Sulsel.

Sinergi dengan Kepolisian dilaksanakan dalam berbagai kegiatan seperti jajaran kepolisian menyambangi Lapas/Rutan pada jam - jam rawan, Bantuan vaksin untuk vaksinasi WBP, penggeledahan blok hunian bersama, pengawalan dan pemindahan Napi, penerapan keadilan restoratif dalam penanganan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) serta pengawasan orang.

 

Selanjutnya dengan jajaran kejaksaan dan pengadilan, sinergi dilaksanakan terkait penahanan terdakwa, pelaksanaan siding online, dan eksekusi perkara pidana, koordinasi tahanan yang sakit, upaya hukum dan penetapan penahanan, sistem peradilan pidana terpadu berbasis TI, penerapan keadilan restoratif dalam penanganan anak yang berhadapan ddengan hukum (ABH), dan pengawasan orang.

Sementara dengan BNNP (Badan Nasional Narkotika Provinsi) sinerginya melalui rehabilitasi napi narkoba,dan pertukaran data napi narkoba. “Melalui forum ini Kakanwil Harun berharap dapat menghasilkan rekomendasi dan keakraban yang dapat memperkuat sinergi pelaksanaan sistem peradilan pidana terpadu di Sulawesi Selatan,” Kata Kakanwil Harun.

Kabid pembinaan Divisi Pemasyarakatan Kanwil kemenkumham Sulsel Rahnianto menyampaikan bahwa tujuan dilkumjakpol ini agar terwujud koordinasi, kerjasama dan sinkronisasi ketatalaksanaan sistem peradilan pidana secara optimal melalui dukungan instansi terkait dalam rangka penyelesaian permasalahan pelananan dan penegakan hukum serta isu - isu aktual di Wilayah Sulawesi Selatan.

Peserta dalam kegiatan tersebut yakni Kalapas, Karutan, Kabapas, Karupbasan, Kakantor Imigrasi, Karudenim, Perwakilan Kepolisian, Kejaksaan, dan Perwakilan Pengadilan Negeri .



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.