Kompas TV nasional peristiwa

Fakta-fakta Sumur Resapan di Lebak Bulus Ambles, Kontraktor Diminta Tanggung Jawab

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 10:52 WIB
fakta-fakta-sumur-resapan-di-lebak-bulus-ambles-kontraktor-diminta-tanggung-jawab
Sebagian dari 20 sumur resapan yang berada di wilayah Pondok Labu dan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, rampung diperbaiki. (Sumber: KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut fakta-fakta sumur resapan di Jalan Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan, belakangan jadi pembicaraan di media sosial. 

1. Membuat Jalan Tidak Rata

Tutup sejumlah sumur resapan di Jalan Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan, rusak atau ambles sehingga membuat kondisi jalan tidak rata.

Kondisi itu dikhawatirkan membahayakan pengendara. Deretan sumur resapan itu kemudian diaspal.

Aspal tersebut kemudian dilubangi tepat di atas sumur resapan agar air hujan tetap bisa masuk ke dalam sumur resapan tersebut.

2. Setalah Diaspal, Ambles Lagi

Beberapa hari kemudian, dikabarkan mobil milik Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka terperosok ke lubang sumur resapan. Namun, saat kejadian, mobil hanya dikendarai oleh sopirnya. 

"Saya tidak ikut saat kejadian. Mobil sedang digunakan driver saya yang hendak membeli makan siang. Menurutnya, setelah membeli makan siang, dia melintas dengan kecepatan rendah, tiba-tiba roda kanan belakang mobil 'kejeblos' proyek lubang peresapan air yang sudah selesai dikerjakan," kata Isyana dalam pesan singkat, Kamis (9/12/2021). 

Isyana mengatakan, saat itu belum ada garis pembatas di sekitar lokasi lubang sumur resapan. 

"Lalu driver saya meminta tolong beberapa orang sekitar untuk membantu mengangkat mobil," katanya.

Isyana mengatakan hal ini bisa terjadi pada siapapun. Ia meminta agar kualitas sumur resapan harus diperhatikan dalam pengerjaannya agar tidak ada membahayakan pengguna jalan.

"Ini bisa terjadi pada siapapun.  Sebaiknya faktor kualitas dan keamanan diperhatikan betul dalam pengerjaan seperti ini. Jangan sampai ada korban dari pengendara yang melintas," ujarnya. 

Kabar mengenai mobil terperosok di lubang sumur resapan dibagikan oleh akun Twitter @arnold5508. 

"Tragedi : fakta setelah bak kolam resapan modular di Bona Indah Lebak Bulus jaksel @KotaJaksel @sudinsdajaksel ditutup aspal terjadi drama pada foto akibat kualitas pekerjaan dan pengawasan sembrono. @DinasSDAJakarta @DKIJakarta @aniesbaswedan," tulis akun tersebut, Rabu.

Baca Juga: Mobil Terperosok di Sumur Resapan, Ini Kata Wagub DKI 

3. Pengakuan Lurah Lebak Bulus

Lurah Lebak Bulus Jaenudin mengatakan bahwa lubang sumur resapan yang ambles saat dilintasi mobil Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka terletak di jalan buntu. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x