Kompas TV regional wawancara

Bagaimana Seharusnya Pendampingan Psikososial Terhadap Korban Bencana Semeru?

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 18:55 WIB
Penulis : Dea Davina

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Sempat berkunjung ke pengungsian korban bencana Gunung Semeru, Dokter Era Catur Prasetya, Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa menilai pentingnya pemberian pendampingan psikososial yang berkesinambungan.

Saat ini, ibu-ibu yang berada di pengungsian mengalami banyak isu. Selain kebersihan, diantaranya soal keamanan dan privasi.

Baca Juga: Soal Trauma Healing Korban Bencana Semeru, Psikolog: Pendampingan Psikososial Harus Berkelanjutan

Untuk bapak-bapak korban bencana Semeru, yang menjadi fokus utama adalah masalah finansial karena hingga saat ini mereka belum tau kemana anak pulang.

Karena jelas, rumah dan segala harta benda mereka sudah habis tersapu abu vulkanik.

Untuk anak-anak merupakan usia bermain dan belajar, apa yang seharusnya atau solusi yang bisa dilakukan oleh sukarelawan atau instansi terkait untuk membuat anak-anak tetap memiliki aktivitas?

Tak hanya anak anak, beberapa orang dewasa juga banyak yang masih tak percaya, bahwa harta benda, ternak maupun sawah mereka, hilang dalam sekejap. Dan bagaimana pendampingannya untuk hal ini?

Kompas TV membahas terkait penanganan psikososial terhadap pengungsi bencana Gunung Semeru bersama Dokter Era Catur Prasetya, Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x