Kompas TV bisnis kompas bisnis

IPO Start Up Teknologi, Potensi Alternatif Investasi Asing

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 11:42 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Jumlah start up yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) diprediksi masih akan tumbuh dalam beberapa waktu ke depan terutama dari sektor teknologi.

Melalui riset Whitepaper The Billion Dollar Moment A Paradigm Shift For Indonesia, IPos Mandiri grup membeberkan keuntungan sekaligus tantangan penanaman saham perusahaan rintisan teknologi.

Semakin banyak start up IPO tentu akan berkontribusi pada PDB Indonesia, apalagi nilai digital ekonomi di Indonesia diprediksi mencapai 124 miliar dollar di tahun 2025.

Baca Juga: OJK Sebut RI Punya Lebih Dari 2.000 Start Up, 8 Unicorn, dan 1 Decacorn

Namun di saat yang sama kendala regulasi masih membayangi.

Di satu sisi tren IPO startup bisa menarik investor asing karena menjadi alternatif saat bayangan tapering the fed ada di depan mata.

Di saat yang sama, IPO startup teknologi ini juga jadi alternatif bagi startup teknologi untuk menjadi sumber suntikan dana.

IPO startup mulai dilirik karena besarnya potensi merger dan akuisisi startup teknologi di asia tenggara.

Besarnya jika dirupiahkan mencapai Rp 1000 triliun, kalau di Indonesia contohnya Gojek mengakuisisi moka lalu Qontak diakusisi Mekari dan Bizzy.

Akuisisi-akuisisi semacam itu masih akan banyak terjadi seiring dengan semakin besarnya proyeksi nilai ekonomi digital di Indonesia.

Perkembangan startup teknologi yang melantai di bursa pun berada dalam tren bertumbuh.

Di 2022 trennya akan terus bertumbuh, semakin banyak perusahaan teknologi melantai di bursa sudah pasti akan semakin besar sumbangannya PDA PDB Indonesia.

Dan semakin besar pula sumbangsih untuk pendapatan negara lewat pajak penghasilan.

Di saat yang sama otoritas jasa keuangan mengeluarkan peraturan klasifikasi saham dengan hak suara multipel untuk emiten berbasis teknologi dengan tujuan semakin mendorong perusahaan rintisan teknologi melantai di bursa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.