Kompas TV tekno internet

Apa Itu Bitcoin dan Mata Uang Kripto? Ini Pengertian, Cara Kerja, dan Harganya

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 16:42 WIB
apa-itu-bitcoin-dan-mata-uang-kripto-ini-pengertian-cara-kerja-dan-harganya
Nilai mata uang kripto terus menanjak dan membuat banyak orang menjadikannya sebagai investasi. Sebenarnya apa itu mata uang kripto dan Bitcoin? (Sumber: chroniclelive.co.uk)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah Bitcoin santer terdengar selama masa pandemi Covid-19 sebagai salah satu instrumen dengan nilai yang menjanjikan.

Nilai mata uang kripto ini terus menanjak dan membuat banyak orang menjadikannya sebagai investasi. Sebenarnya apa itu mata uang kripto dan Bitcoin?

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang kripto yang dikembangkan oleh sosok yang diyakini bernama Satoshi Nakamoto pada Januari 2009.

Mata uang ini disebut kripto karena diamankan dengan teknologi kriptografi, yang diyakini tak bisa dipalsukan atau dibelanjakan secara ganda.

Baca Juga: Tergiur Keuntungan dari Shiba Inu hingga Bitcoin? Simak Dulu Tips Investasi Kripto

Seperti dikutip dari Investopedia, menggunakan teknologi blockchain, Bitcoin merupakan mata uang kripto yang terdesentralisasi.

Artinya, tak ada campur tangan pihak tertentu, seperti bank atau pemerintah, dalam transaksi selain pembeli atau penjual. Oleh karena itu, biaya transaksi diyakini bisa dilakukan dengan biaya minimal.

Selain Bitcoin, ada beberapa mata uang kripto lain seperti DogeCoin, Ethereum, Binance, Tether, Solana, dan lain-lain. Laman pelacak harga kripto, CoinMarketCap, melaporkan ada lebih dari 8.100 mata uang kripto yang dikenal.

Namun, nilai mata uang kripto menjadi sangat fluktuatif karena tak ada pusat yang mengatur kebijakannya. Harga pasar untuk mata uang kripto didasarkan pada penawaran dan permintaan.

Baca Juga: Setelah Hampir Tembus Rp1 Miliar, Harga Bitcoin Kini Anjlok 7 Persen

Biro Perlindungan Keuangan Konsumen Amerika Serikat mencatat, harga Bitcoin sempat turun 61 persen dalam satu hari di tahun 2013. Sedangkan rekor penurunan harga satu hari di tahun 2014 adalah sebesar 80 persen.

Karena fluktuatifnya nilai pasar, berinvestasi mata uang kripto disebut bisa membuat orang menjadi kaya atau bangkrut dalam waktu singkat.

Harga Bitcoin dan nilai kapitalisasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.