Kompas TV video sinau

Nonton ASMR Bikin Tubuh Rileks? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 23 Desember 2021, 18:05 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- ASMR merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response. Mudahnya, ini adalah sensasi yang dirasakan tubuh seperti hangat, kepala tergelitik dan nyaman.

Sensasi ini terasa dari ujung kepala hingga ke seluruh tubuh, disertai perasaan yang menyenangkan dan menenangkan.

Biasanya video ASMR berisi tentang kegiatan sehari-hari seperti berbisik, mengunyah makan makanan yang renyah, buah-buahan, mi ,mengusap usap sesuatu, mengetuk benda keras, memotong-motong sesuatu.

Lalu, kenapa video ASMR bisa disukai banyak orang?

Berdasarkan penelitian melansir Bobo.id video bertema asmr memiliki efek psikologis yang sama seperti teknik pengurangan stres, misalnya dari musik.

Perasaan rileks karena mendengar atau menonton ASMR itu berhubungan dengan Amigdala, yaitu bagian otak yang berfungsi mengolah emosi.  ASMR tidak hanya soal suara,tapi juga pemandangan.

Karena efek yang menenangkan ini, banyak orang yang gemar menonton video ASMR. Mereka menonton video ASMR sebagai pengantar tidur. Saat melihat pemandangan yang  indah, kita juga akan merasakan sensasi seperti mendengar ASMR.

Baca Juga: Melihat Pemanfaatan Sosial Media Untuk Bisnis, Twitter Tawarkan Inovasi Sesuai Kebutuhan Pengguna

https://www.kompas.tv/article/212620/melihat-pemanfaatan-sosial-media-untuk-bisnis-twitter-tawarkan-inovasi-sesuai-kebutuhan-pengguna 

Grafis: Arief Rahman 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x