Kompas TV nasional politik

Survei Capres Bertebaran, Partai Politik Belum Melirik

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 21:51 WIB
survei-capres-bertebaran-partai-politik-belum-melirik
Elektabilitas Bakal Capres 2024 (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Survei calon presiden (capres) terus dilakukan oleh berbagai lembaga yang menampilkan elektabilitas sejumlah nama.

Terbaru, lembaga survei bernama Politika Research & Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) di Jakarta, telah merilis sejumlah nama dengan tingkat keterpilihan yang tinggi, Senin (27/12/2021).

Kedua lembaga survei ini merilis hasil survei nasional bertajuk "Meneropong Poros Koalisi Partai Politik". Survei dilakukan pada rentang waktu 12 November - 4 Desember 2021 dengan metode multi stage random sampling.

Sebanyak 1.600 responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia diwawancarai secara tatap muka. Survei tersebut memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error sebesar 2,5 persen.

Hasilnya, dari 15 nama yang disimulasikan, keluar nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi teratas dengan nilai elektabilitas sebesar 25 persen.

Selanjutnya, peringkat kedua jatuh kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 22,9 persen.

Baca Juga: Survei PRC: Pendukung PDIP Lebih Memilih Ganjar Jadi Capres Ketimbang Puan

Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di peringkat ketiga dengan nilai 12,4 persen. Sementara, Menparekraf Sandiaga Uno membuntutinya di posisi keempat dengan elektabilitas 9,4 persen.

Sementara Charta Politika Indonesia yang juga merilis survei Desember 2021 menempatkan Ganjar di urutan pertama dibayangi oleh Prabowo yang berada di urutan kedua. Sementara Anies di urutan ketiga.

Tiga nama yaitu Ganjar, Prabowo, dan Anies selalu berada di urutan teratas.  

Meski demikian, hasil survei-survei ini belum dilirik partai politik.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), misalnya, adem ayem saja menanggapi hasil survei yang menempatkan kadernya tersebut.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Utut Adianto enggan menanggapi hasil survei yang menunjukkan mayoritas pendukung partai berlambang banteng moncong putih itu ingin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi capres pada gelaran Pilpres 2024 mendatang. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.