Kompas TV nasional politik

Pengamat Ingatkan Capres yang Rajin Tampil di Medsos Bersikap Otentik Bukan Menipu

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 17:32 WIB
pengamat-ingatkan-capres-yang-rajin-tampil-di-medsos-bersikap-otentik-bukan-menipu
Unggahan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait percakapannya dengan Dokter Handoko Gunawan, Jumat 20 Maret 2020 (Sumber: Instagram @ganjar_pranowo)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya, mengingatkan para calon presiden (capres) yang namanya selalu masuk dalam survei dan rajin tampil di medsos, untuk tampil otentik dan linier dengan kenyataan di lapangan.

"Postingan punya daya ampflifikasi,  bisa jadi kepuasan dan bumerang, " katanya saat berbincang di Program Sapa Pagi, KOMPAS TV, Selasa (28/12/2021). Meski tampil di medsos seperti youtube adalah hal yang wajar saja.  

Menurut Toto, sapaanya, para capres yang selalu mengunggah video kegiatannya, agar tampil otentik bukan hanya menampilkan yang bagus-bagus saja. "Bukan menipu," pesannya. 

Sebab bila sekadar hanya yang bagus-bagus saja, tapi tidak sesuai dengan kenyataan akan jadi kampanye negatif bahkan bumerang.

Hal senada disampaikan oleh pengamat media sosial Enda Nasution. Para aktor politik seharusnya bukan hanya menampilkan yang bagus-bagus saja. "Kalau yang bagus-bagus saja gampang," ujar Enda. 

Nah, di sinilah, kata Enda publik harus bisa bersikap kritis ketika para capres menampilkan hal-hal bagus saja. Misalnya, ada capres yang mengunggah video sedang makan, semestinya jadi pertanyaan. "Apa gunanya memposting sedang makan? Kenapa menampilkan video sedang makan, sementara dibayar oleh negara (untuk kerja)?" ujar Enda.

Baca Juga: Hasi Survei: Mayoritas Pemilih PDIP Ingin Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

Menurut Enda, dalam kasus tersebut berlaku apa yang disebut "fandom" yaitu ngefans terhadap sosok yang sering tampil di medsos. 

Namun, fandom ini hanya akan melihat sosok yang menjadi idolanya saja dan tidak mau melihat sosok di luar itu. Fandom inilah yang bisa membuat sikap kritis jadi berkurang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.