Kompas TV regional peristiwa

Kuasa Hukum: Betapa Cepatnya Proses Hukum yang Dijalani Bahar bin Smith

Kompas.tv - 4 Januari 2022, 15:47 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuasa hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta, menilai proses penetapan tersangka kasus ujaran kebencian terhadap Bahar bin Smith terlalu cepat.

Pasalnya, ia menilai penetapan tersangka kepada Bahar bin Smith hanya berselang beberapa hari sejak keluarnya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP).

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un matinya keadilan, betapa cepat proses hukum yang dijalani HBS (Bahar Bin Smith) dari SPDP cuma berjarak dua hari lanjut pemanggilan dan hari ini langsung tersangka dan ditangkap," ujar Ichwan yang dilansir dari kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga: Kronologi Bahar bin Smith Jadi Tersangka Kasus Penyebaran Berita Bohong

Ichwan menyebut bahwa hal tersebut akan menjadi berbeda apabila pelaporan serupa dilakukan kepada pihak yang bukan pengkritik pemerintah.

Menurutnya, ada sejumlah tokoh lain yang cenderung tidak tersentuh proses hukum.

"Sementara para penista agama bebas dan proses hukum. Deni Siregar, Ade Armando dan Permadi Arya meski sudah dilaporkan berulang-ulang tak tersentuh hukum," ucapnya.

Diketahui, Polda Jawa Barat telah menetapkan Bahar bin Smith sebagai tersangka kasus penyebaran berita bohong, Senin (3/1/2022).

Editor: Ian



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.