Kompas TV nasional peristiwa

Jurnalis Tribunnews Raih Penghargaan Adam Malik Awards 2022

Jumat, 7 Januari 2022 | 20:15 WIB
jurnalis-tribunnews-raih-penghargaan-adam-malik-awards-2022
Jurnalis Tribunnews, Larasati Dyah Utami meraih penghargaan sebagai jurnalis media online terbaik Adam Malik Awards (AMA) 2022 yang diumumkan dalam acara Pernyataan Pers tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2022 pada Kamis (6/1/2022). (Sumber: Tribunnnews.com)

Penulis : Hedi Basri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jurnalis Tribunnews, Larasati Dyah Utami meraih penghargaan sebagai jurnalis media online terbaik Adam Malik Awards (AMA) 2022 yang diumumkan dalam acara Pernyataan Pers tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2022 pada Kamis (6/1/2022).

Ini merupakan tahun ke-3 Tribunnews meraih penghargaan AMA.

Tahun lalu Tribunnews menjadi media online terbaik.

Sementara tahun 2020, Rina Ayu Pancarini terpilih sebagai jurnalis media online terbaik.

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh dalam sambutannya mengatakan dengan terpilihnya pemenang AMA 2022 membuktikan eksistensi produk-produk jurnalistik tidak berkurang meski diterpa pandemi.

“Produktivitas teman-teman jurnalis tidaklah berkurang, justru semakin baik. Itu ditandai dengan semakin sulitnya untuk menetapkan siapa sang juara itu,” kata Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh.

Baca Juga: KOMPAS TV Raih Penghargaan dalam Ajang Anugerah Dewan Pers 2021

Adam Malik Award 

AMA atau Pengharagaan Adam Malik adalah sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada media dan jurnalis media massa nasional.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap para jurnalis yang berpartisipasi aktif dalam memberitakan politik luar negeri Indonesia secara akurat dan berimbang.

Termasuk memberikan edukasi pentingnya kebijakan politik luar negeri Republik Indonesia selama masa pandemi Covid-19.

“Itu semua tidak lain adalah kesempatan yang terbaik yang diberikan Kementerian Luar Negeri untuk senantiasa memberikan kesempatan melalui Adam Malik Award ini bagi jurnalis Indonesia belajar meningkatkan kompetensinya untuk bersama-sama melakukan edukasi tentang pentingnya kebijakan politik luar negeri Republik Indonesia,” ujarnya.

Penghargaan Adam Malik Award telah diselenggarakan sejak tahun 2002, dan mengalami perubahan kategori seiring perkembangan zaman dan teknologi.

Pada tahun 2022, penghargaan Adam Malik Award diberikan kepada 6 kategori, yaitu media cetak terbaik, media online terbaik, media TV terbaik, media radio terbaik, jurnalis media cetak terbaik, dan jurnalis media online terbaik.

Baca Juga: Raih Penghargaan di Anugerah Dewan Pers 2021, KompasTV Dinobatkan sebagai Media Televisi Terbaik

Pemenang tahun ini dipilih secara independen oleh 6 dewan juri, yakni Mohammad Nuh dari Dewan Pers, Usman Kansong dari Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Duta Besar Siti Nugraha Mauludiah dari Kemlu RI, Atal S Depari dari Persatuan Wartawan Indonesia Pusat, Shafiah Muhibat dari Centre for Strategic and International Studies, dan Nina Mutmainah dari Universitas Indonesia.

Adapun pemenang Adam Malik Award Tahun 2022, sebagai berikut;

  • Media cetak terbaik: Kompas
  • Media online terbaik: Medcom.id
  • Media TV terbaik: Metro TV
  • Media radio terbaik: RRI Pro3
  • Jurnalis media cetak terbaik: Dian Septiari dari The JakartaPost
  • Jurnalis media online terbaik: Larasati Dyah Utami dari Tribunnews.com

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Anugerah Dewan Pers 2021


Sumber : Tribunnews.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kebaran Hanguskan Satu Rumah

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:27 WIB
Close Ads x