Kompas TV regional sosial

Satgas Yonif MR 412 Kostrad Bangun 6 Menara Lonceng Gereja di Lanny Jaya Papua

Kompas.tv - 8 Januari 2022, 10:48 WIB
satgas-yonif-mr-412-kostrad-bangun-6-menara-lonceng-gereja-di-lanny-jaya-papua
Satu dari enam menara lonceng gereja yang dibangun personel TNI Bharata Satgas Yonif MR 412 Kostrad di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. (Sumber: Pendam XVII/Cenderawasih)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Personel TNI Bharata Satgas Yonif MR 412 Kostrad membangun enam menara lonceng gereja di Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih, Sabtu (8/1/2022), disebutkan, keenam lonceng gereja itu dibangun di sekitar Pos Penugasan Kabupaten Lanny Jaya.

Keenamnya berada di Gereja Pinime di Desa Malagay, Gereja Tipugwi dan Gereja Lowanom di Desa Malagayneri, Gereja Mowi di Balingga, Gereja Manggalome di Desa Tima dan terakhir Gereja Wiyaware di Desa Pirime.

Baca Juga: Dengan Perahu Karet, TNI AL Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Papua

Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy H, dalam keterangannya di Distrik Tiom Kabupaten Lanny Jaya Papua, menjelaskan, pembangunan lonceng gereja tersebut berawal dari minimnya sarana gereja di sekitar lokasi, khususnya lonceng.

Lonceng-lonceng gereja hanya menggunakan potongan besi atau tabung oksigen bekas. Akibatnya, jemaat gereja sering terlambat hadir untuk beribadah.

Hal inilah yang membuat Prajurit Satgas 412 tergerak hatinya untuk membangunkan menara lonceng gereja.

Melalui rangkaian ibadah dan acara tradisi bakar batu sebagai bentuk wujud syukur, prosesi acara penyerahan kunci menara lonceng gereja dilaksanakan secara serentak di 6 titik lokasi di Kabupaten Lanny Jaya.

Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad berharap menara lonceng gereja yang diberikan ini membawa manfaat dan kedamaian bagi jemaat gereja yang ada di Kabupaten Lanny Jaya.

"Semoga suara-suara lonceng ini bisa menjadi fasilitas untuk memanggil jemaat datang beribadah, sehingga kedamaian di tanah Papua tetap terpelihara,” tuturnya.

“Karena inilah tujuan kami TNI hadir disini, kami datang untuk kedamaian dan kami datang karena kami menyayangi dan mengasihi masyarakat Lanny Jaya," lanjutnya.

Baca Juga: Pastikan Keamanan Wilayah Papua, Satgas Nemangkawi Diperpanjang hingga 25 Januari 2022.

Sementara itu, para pendeta dan tokoh masyarakat dari masing-masing gereja mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih karena Satgas TNI 412 telah memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi jemaat.

"Bahkan kami sendiri tidak pernah terpikirkan untuk mendirikan menara lonceng seperti ini, tapi puji Tuhan, Batalyon 412 Kostrad datang dan memberikan itu kepada kami," ungkap Pendeta Del Tabuni dari Gereja Mowi Distrik Balingga.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.