Kompas TV nasional politik

Mensos Masuk Bursa Pilgub DKI, Hasto: Kepemimpinan Bu Risma Sudah Teruji

Kompas.tv - 9 Januari 2022, 20:18 WIB
mensos-masuk-bursa-pilgub-dki-hasto-kepemimpinan-bu-risma-sudah-teruji
Nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma digadang-gadang berpotensi jadi Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta. (Sumber: Dok Kementerian Sosial)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma digadang-gadang berpotensi jadi calon gubernur (Cagub) DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

Terkait hal ini, Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan kepemimpinan Risma untuk menjadi gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 sudah teruji.

Menurut penjelasannya, kepemimpinan Risma telah terbukti dari keberhasilannya membangun Kota Surabaya.

"Ya kalau kualifikasi kepemimpinan Bu Risma kan sudah teruji. Saya enggak melihat dari berapa banyak penghargaan yang diterima Bu Risma. Tapi dari perubahan kultural di dalam mengubah Kota Surabaya," kata Hasto di Jakarta, Minggu (9/1/2022).

Meski demikian, selain Risma partai berlambang banteng moncong putih ini mengaku sudah memiliki beberapa kader potensial. 

Mereka, antara lain Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi, mantan Bupati Budi Sulistyono atau Kanang, Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

Baca Juga: Nama Mensos Masuk Bursa Cagub DKI 2024, Sekjen PDIP: Kepemimpinan Risma Pantas Dijadikan Contoh

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan pers di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2021). (Sumber: Kompastv/Ant)

Di sisi lain, Hasto menekankan dengan banyaknya kader potensial tersebut, PDIP tidak akan kekurangan calon pemimpin kepala daerah.

"PDIP tidak pernah kekurangan calon pemimpin termasuk calon gubernur dan wakil gubernur DKI karena proses kaderisasi terus-menerus dilakukan partai," jelasnya.

Sementara terkait Wali Kota Surakarta Gibran Rakabming Raka, Hasto mengatakan putra sulung Presiden Jokowi ini perlu menunjukkan keberhasilannya memimpin Solo, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, sejauh ini, Gibran belum selesai menjabat satu periode sebagai Wali Kota Surakarta.

"Kalau Mas Gibran kan satu periode belum sehingga Mas Gibran harus menunjukkan kualitas kepemimpinannya dalam mengubah Kota Surakarta," tegasnya. 

"Tetapi banyak kepala daerah PDIP yang mampu membuktikan politik tata ruang, politik hijau yang membuat rakyat merasa nyaman, merasa cinta dengan lingkungannya. Ini yang harus kita dorong dan Pilkada DKI masih lama 2024," lanjutnya.

Baca Juga: Deretan Nama Kandidat Potensial Cagub DKI Jakarta 2024 dari PDIP, Ada Risma hingga Gibran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x