Kompas TV regional sosial

18 Warga Binaan Lapas Anak Ambon Terima Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 15:59 WIB
18-warga-binaan-lapas-anak-ambon-terima-vaksinasi-covid-19
Sebanyak 18 anak di Lembaga Pembinaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon, mendapatkan vaksinasi Covid-19. (Sumber: Ditjen PAS Kemenkumham)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

AMBON, KOMPAS.TV – Sebanyak 18 anak di Lembaga Pembinaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon, mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Melalui keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Senin (10/1/2022), kegiatan vaksinasi itu digelar pada Sabtu (8/1/2022).

Kepala Subseksi Keperawatan LPKA Kelas II Ambon, Salmon Mahulette, mengatakan, vaksinasi dilakukan di ruang kelas.

Baca Juga: BNN dan Kemenkumham Bersinaergi Memutus Jaringan Narkoba Di Lapas

Sebelum menerima vaksin, anak binaan didata terlebih dahulu, dilanjutkan dengan skrining tubuh untuk mengetahui kondisi fisik dan kesehatan anak.

“Dari total 18 Anak di LPKA Ambon, sebanyak 13 Anak melakukan vaksinasi dosis II, satu Anak melakukan vaksinasi dosis I, dan satu anak sebelum masuk ke LPKA Ambon sudah melakukan vaksinasi,” jelasnya.

“Sementara itu, tiga anak lainnya belum divaksin karena bermasalah dengan NIK.”

Sementara, Kepala LPKA Ambon, Catherian V Picauly, mengatakan pemenuhan kesehatan anak sudah menjadi tugas utama LPKA karena merupakan kebutuhan dasar mereka.

“Setelah seluruh petugas, termasuk cleaning service dan juru masak, sekarang giliran seluruh Anak yang menyelesaikan vaksinasi dosis II,” jelasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan laporan perawat yang bertugas melakukan vaksinasi di LPKA tersebut ada anak yang mendapatkan vaksinasi dosisi pertama.

“Berdasarkan laporan perawat, ada juga Anak yang mendapatkan vaksinasi dosis I karena sebelum masuk LPKA mereka belum sama sekali divaksin,” ucap Catherian.

Baca Juga: Percepatan Vaksinasi Anak Dukung PTM 100 Persen

Kegiatan vaksinasi di LPKA Kelas II Ambon tersebut merupakan kerja sama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Ambon.

LPKA Ambon mewajibkan setiap orang yang beraktivitas di LPKA untuk divaksin, termasuk Anak dalam upaya menyukseskan program pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x