Kompas TV video vod

Polemik Warna Seragam Polisi & Satpam yang Mirip, Haruskah Diganti?

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 22:39 WIB
Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polri berencana untuk mengubah kembali warna baju seragam Satuan Pengamanan (Satpam) menjadi warna krem, sehingga tidak terlalu sama dengan baju seragam anggota Polri.

Padahal, selama bertahun-tahun sebelumnya, seragam satpam selalu identik dengan warna biru tua dan putih.

Beberapa waktu lalu, seragam Satpam yang berwarna biru tua dan putih, diubah menjadi warna cokelat mirip polisi.

Pada September 2020, seragam Satpam diubah agar dapat menumbuhkan kebanggaan Satpam terhadap profesi mereka, serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

Namun, belakangan ini, Polri berencana untuk mengubah kembali warna baju seragam satpam ini agar masyarakat tidak bingung.

Rencana Polri mengubah warna seragam Satpam ini ditentang anggota Komisi III DPR dari fraksi partai Gerindra, Habiburokhman.

Ia tidak setuju seragam Satpam diganti, karena menurutnya, seragam Satpam yang sama dengan seragam anggota Polri ini memberi efek psikologis kepada masyarakat.

Sebelumnya, ketentuan yang mengatur tentang seragam Satpam yang diubah adalah peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020, yakni tentang Pengamanan Swakarsa.

Peraturan itu ditandatangani oleh Kapolri pada 5 Agustus 2020.

Bila rencana perubahan terbaru dari Mabes Polri terealisasi, berarti warna seragam Satpam akan berubah dua kali dalam kurun dua tahun.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.