Kompas TV nasional agama

Habib Luthfi Mundur dari Jabatan Mustasyar PBNU, Ada Apa?

Kompas.tv - 15 Januari 2022, 15:17 WIB
habib-luthfi-mundur-dari-jabatan-mustasyar-pbnu-ada-apa
Habib Luthfi, ulama karismatik asal Pekalongan, mundur dari jabatan Mustasyar PBNU. (Sumber: Tangkapan Layar BNPT TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beredar kabar ulama kharismatik asal Pekalongan, Habib Luthfi bin Yahya, mundur dari Dewan Mustasyar kepengurusan PBNU periode 2022-2027.

Kabar mundurnya Habib Luthfi tersebut diketahui dari surat yang beredar di grup-grup Whatsapp.

KOMPAS TV telah meminta konfirmasi mengenai kabar tersebut kepada Gus Miftah, salah satu murid langsung Habib Luthfi yang juga seorang dai.

"Saya dapat informasi itu dari asisten Abah Luthfi, Ustaz Samlawi, dan saya konfirmasi kebenarannya beliau menyatakan itu valid," papar Gus Miftah kepada KOMPAS TV lewat pesan suara, Sabtu, (15/1/2022).

Baca Juga: Habib Luthfi Ingatkan Muktamar NU Bukan Ajang Politik

Gus Miftah yang karib dengan beberapa pesohor tanah air itu menjelaskan terkait alasan Habib Luthfi mundur dari Mustasyar PBNU.

"Terkait dengan alasan, beliau ingin fokus Rais Aam di Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu'tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN),” paparnya.

JATMAN adalah organisasi keagamaan yang berfokus di masalah ajaran-ajaran tarekat, salah satu ajaran dalam Islam yang memfokuskan pada aspek batin dan hati seorang muslim.

Habib Luthfi adalah Rais Aam, pemimpin tertinggi dan menjadi rujukan spiritual di organisasi yang memiliki banyak muhibbin (penderek, pencinta) yang tersebar tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia tersebut.

Sementara itu, Gus Miftah mendukung penuh keputusan Habib Luthfi.

“Dan saya sebagai penderek beliau, sebagai santri beliau, sebagai anak beliau mendukung apa pun langkah dari guru kami Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya Pekalongan," paparnya.

Pada Rabu lalu (12/1), Gus Yahya mengumumkan pengurusan PBNU periode 2022-2027. Habib Luthfi terpilih lagi menjadi salah satu Mustasyar PBNU. 

Beliau juga merupakan Mustasyar PBNU di kepengurusan PBNU sebelumnya. Selain itu, Habib Luthfi juga menjadi salah satu ulama rujukan dan paling dihormati di tubuh PBNU.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x