Kompas TV nasional kesehatan

Indonesia Kembali Dapat Dukungan Vaksin Covid-19 dari Jepang, Bukti Komitmen Kerja Sama Kedua Negara

Kompas.tv - 16 Januari 2022, 15:55 WIB
indonesia-kembali-dapat-dukungan-vaksin-covid-19-dari-jepang-bukti-komitmen-kerja-sama-kedua-negara
Kedatangan bantuan vaksin Covid-19 dari Jepang untuk Indonesia tahap pertama dan kedua pada bulan ini, Sabtu (15/1/2021). (Sumber: Kompastv/Ant/InfoPublik/Kominfo)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jepang semakin menunjukkan komitmennya dalam menjalin kerja sama berbagi dosis atau dose-sharing vaksin Covid-19 dengan Indonesia.

Terbaru, Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto mengatakan, dukungan vaksin Covid-19 dari Jepang untuk Indonesia pada bulan ini akan terbagi menjadi empat tahap pengiriman.

Adapun, Sabtu (15/1/2022) sore dan malam kemarin, pengiriman yang pertama dan kedua telah tiba dengan masing-masing berjumlah 448.000 dosis vaksin AstraZeneca.

Dengan demikian, kedua kloter kedatangan vaksin dari Jepang tersebut menjadi yang ke-194 dan ke-195 bagi Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Akan Terima 2,7 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Merek AstraZeneca dari Jepang

Kemudian, pengiriman ketiga dan keempatnya bakal tiba di Indonesia pada 18 dan 19 Januari 2022, melengkapi total bantuan vaksin Covid-19 kali ini menjadi 2.722.930 dosis.

"Dengan ini, total dukungan kerja sama dose-sharing vaksin Covid-19 dari Jepang sebanyak 6.875.080 dosis," kata Santo dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Antara, Minggu (16/1/2022).

Lewat bantuan itu, Santo menambahkan, kerja sama kedua negara semakin terbukti secara konkret, terutama dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi di Indonesia.

Menurut Santo, Jepang sendiri memiliki posisi penting sebagai mitra Indonesia, baik di bidang perdagangan, investasi, infrastruktur, maupun pembangunan ekonomi.

"Apresiasi yang tinggi kepada pemerintah dan rakyat Jepang atas dukungan kerja sama ini," tutur Santo.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Bakal Dirilis Juli, BPOM: Kebanggaan Anak Bangsa, Produksi Farmasi Sendiri

Tak lupa, Santo menegaskan, diplomasi vaksin seperti ini juga bermanfaat untuk mengamankan kebutuhan vaksinasi bagi rakyat Indonesia.

Hal tersebut selaras dengan keputusan Indonesia yang gencar menyuarakan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

Selain itu, Indonesia juga berada di garda depan dalam mendukung upaya penguatan kerja sama kesehatan global, agar dunia lebih siap menghadapi tantangan di masa mendatang.

Perlu diingat, ketersediaan vaksin sangat penting untuk saat ini, terlebih pemerintah telah memulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster bagi masyarakat.

Pemerintah juga terus meningkatkan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua di daerah-daerah, khususnya yang capaian vaksinasinya masih relatif rendah.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.