Kompas TV feature news or hoax

Lonjakan Kasus Covid 19 Di Tanah Air - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 19:43 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Kasus covid 19 di tanah air kembali mengalami kenaikan. Varian covid 19 omicron menjadi kasus terbanyak yang ditemukan, dan DKI Jakarta menjadi penyumbang kasus covid 19 varian omicron terbanyak dari hari ke hari.

Kementerian Kesehatan mencatat kasus konfirmasi omicron melonjak sebanyak 500an kasus, mayoritas kasus varian omicron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri terutama turki dan arab Saudi. Dan hanya 30an kasus yang berasal dari penularan local.

Turki menjadi salah satu negara yang mencatat penularan omicron paling tinggi.

Kamis 6 Januari lalu, Turki mencatat 68 ribu 413 kasus baru di tengah melonjaknya kasus yang disebabkan varian omicron. Melansir Reuters, kasus omicron di Turki meningkat lebih dari dua kali lipat hanya dalam waktu seminggu, dan varian omicron menjadi strain dominan di negara tersebut.

Kemenkes telah menggandeng 17 platform aplikasi pengobatan jarak jauh atau telemedik untuk pelayanan pasien yang dirumah atau bergejala ringan, dan menyiapkan rumah sakit untuk yang bergejala sedang maupun berat.

Sampai saat ini, ada 5 varian of concern yang dipantau  oleh WHO. Yaitu varian alpha, varian beta, varian gamma, varian delta dan yang terbaru varian omicron.

Varian omicron telah menyebar di 150 negara di dunia, sebagian besar diantaranya menginfeksi berbagai negara maju hingga mencapai puncaknya dan lebih tinggi dari gelombang sebelumnya, yaitu varian delta.

Apa pun jenis varian covid-19 saat ini, cara pencegahan terbaik kita saat ini adalah tetap taat protokol kesehatan, menggencarkan 3t, pelaksanaan  5 m dan tentunya melakukan vaksinasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x