Kompas TV internasional kompas dunia

Terjadi Gempa di Afghanistan, 12 Orang dilaporkan Tewas

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 23:20 WIB
terjadi-gempa-di-afghanistan-12-orang-dilaporkan-tewas
Gempa di dekat kota Herat, bagian Barat Afghanistan menyebabkan 12 orang tewas, seperti dilansir Arab News, 17 Januari 2022 (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

HERAT, KOMPAS.TV -  Sedikitnya 12 orang tewas setelah gempa bumi melanda Afghanistan barat, Senin (17/1/2022), kata seorang pejabat Afghanistan yang dikutip Arab News.

Para korban tewas ketika atap rumah tempat tinggal mereka runtuh di distrik Qadis di provinsi barat Badghis, kata gubernur distrik Mohammad Saleh Purdel.

Gempa itu berkekuatan 5,3, menurut Survei Geologi AS, yang awalnya mencatat besarnya 5,6 skala richter.

"Beberapa orang juga terluka dalam gempa hari ini," kata Purdel, seraya menambahkan bahwa para korban termasuk wanita dan anak-anak.

Afghanistan sering dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada rumah dan bangunan yang dibangun dengan buruk di Afghanistan yang miskin.

Baca Juga: Gempa Banten Terjadi Lagi, Sistem Mitigasi Belum Mampu Imbangi Ancaman Gempa Megathrust

Gempa di dekat kota Herat, bagian Barat Afghanistan menyebabkan 12 orang tewas, seperti dilansir Arab News, 17 Januari 2022. (Sumber: Straits Times via AFP)

Afghanistan sudah berada dalam cengkeraman bencana kemanusiaan, diperburuk oleh pengambilalihan negara oleh Taliban pada Agustus ketika negara-negara Barat membekukan bantuan internasional dan akses ke aset yang disimpan di luar negeri.

Qadis adalah salah satu daerah yang paling parah terkena dampak kekeringan yang menghancurkan, hanya mendapat sedikit manfaat dari bantuan internasional dalam 20 tahun terakhir.

Negara ini sering dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada rumah dan bangunan yang dibangun dengan buruk di Afghanistan yang miskin.

Pada tahun 2015, hampir 280 orang tewas ketika gempa berkekuatan 7,5 SR yang berpusat di pegunungan melanda Asia Selatan, dengan sebagian besar kematian di Pakistan.

Dalam bencana itu, 12 gadis muda Afghanistan tewas terinjak-injak saat mereka mencoba melarikan diri dari gedung sekolah mereka yang berguncang.

 



Sumber : Arab News/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.