Kompas TV regional berita daerah

Pemkot Yogyakarta Targetkan Seluruh Lansia Sudah Vaksin Ketiga pada Februari 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:19 WIB
pemkot-yogyakarta-targetkan-seluruh-lansia-sudah-vaksin-ketiga-pada-februari-2022
Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menargetkan seluruh lansia di Kota Yogyakarta telah tervaksinasi dosis ketiga pada pertengahan Februari 2022. (Sumber: Pemkot Yogyakarta)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menargetkan seluruh lansia di Kota Yogyakarta telah tervaksinasi dosis ketiga pada pertengahan Februari 2022.

Target tersebut disampaikan oleh Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Senin (17/1/2022), seperti dilansir laman resmi Pemkot Yogyakarta.

Haryadi menjelaskan, fokus utama pada pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga adalah para lansia, untuk peningkatan imunitas tubuh guna mencegah penularan Covid-19.

"Sesuai kebijakan vaksinasi booster ini diprioritaskan untuk warga lansia yang sudah menjalani vaksinasi dosis lengkap minimal dalam enam bulan terakhir," ucapnya.

Baca Juga: Ada Vaksin Booster, Sentra Vaksinasi di Mal Diserbu

Dia juga menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta, jumlah lansia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

"Pada tahun 2020 jumlah lansia di Kota Yogya sebanyak 57.240 jiwa atau sekitar 13,8 persen dari jumlah seluruh penduduk yang ada di Kota Yogya. Sementara menurut Badan Pusat Statistik DIY angka umur harapan hidup di DIY juga mengalami peningkatan pada angka 74 tahun," bebernya.

Pemkot Yogyakarta melaksanakan vaksinasi secara serentak di tiga lokasi, yaitu Grha Pandawa Balaikota Yogya, Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina, dan Monumen Diponegoro mulai Senin (17/1/2022) hingga Rabu (19/1/2022).

"Selain ketiga lokasi tersebut, Pemkot Yogya juga menyediakan sentra vaksinasi booster lansia di rumah sakit dan puskesmas," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkot Yogyakarta melakukan kick off vaksinasi booster Covid-19 mulai Senin (17/1/2022).

Dalam pelaksanaan vaksinasi booster ini, calon penerima vaksin booster mendapatkan undangan terlebih dahulu sebelum dilakukan vaksinasi.

Baca Juga: Terbaru, Ini 4 Merek Vaksin Booster yang Bisa Digunakan Penerima Vaksin Sinovac

"Dalam vaksinasi booster kali ini vaksin yang kami gunakan adalah vaksin AstraZeneca," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogya, Emma Rahmi Aryani di Grha Pandawa Balai Kota Yogyakarta.

Antusiasme warga untuk mengikuti program vaksinasi dosis ketiga ini cukup tinggi.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x