Kompas TV internasional kompas dunia

Hadang Omicron, Mulai Pekan Depan Pemerintah Amerika Serikat Bagikan Masker N95 Kepada Seluruh Warga

Kompas.tv - 20 Januari 2022, 01:30 WIB
hadang-omicron-mulai-pekan-depan-pemerintah-amerika-serikat-bagikan-masker-n95-kepada-seluruh-warga
Linsey Jones, seorang asisten medis mengenakan masker N95, 4 Januari 2022, di Seattle. Pemerintah Amerika Serikat akan mulai menyediakan 400 juta masker N95 secara gratis untuk orang Amerika mulai minggu depan (Sumber: AP Photo/Ted S. Warren, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Pemerintah Amerika Serikat mulai membagikan 400 juta masker N95 secara gratis bagi warganya pada pekan depan.

Hal ini setelah pejabat federal menekankan perlindungan yang lebih baik dari masker N95 terhadap varian omicron daripada penutup wajah kain, seperti dilansir Associated Press, Rabu, (19/1/2022)

Gedung Putih mengumumkan, masker tersebut akan datang dari Stok Nasional Strategis pemerintah yang memiliki lebih dari 750 juta masker protektif.

Nantinya bisa diambil di apotek dan pusat kesehatan masyarakat di seluruh negeri.

Mereka akan mulai pengiriman pekan ini untuk distribusi mulai akhir minggu depan.

Ini akan menjadi pembagian masker gratis terbesar oleh pemerintah federal kepada masyarakat sejak pandemi Covid-19 dimulai.

Pada awal 2020, pemerintahan Presiden Donald Trump saat itu mempertimbangkan dan membatalkan rencana untuk mengirim masker ke orang-orang di rumah mereka.

Namun Presiden Joe Biden menerima inisiatif tersebut setelah menghadapi kritik yang meningkat bulan ini atas tidak dapat diaksesnya.

Baik dalam pasokan maupun biaya, masker N95 karena varian omicron yang sangat menular menyapu seluruh negeri.

Setelah menghadapi kritik serupa atas kekurangan alat tes Covid-19 di rumah musim dingin, Biden pekan ini meluncurkan situs web untuk orang Amerika,

Hal ini untuk memesan empat tes cepat yang dikirim ke rumah mereka secara gratis, dengan tes pertama dikirim akhir bulan ini.

Pihak Gedung Putih mengungkapkan, masker akan tersedia di apotek dan pusat kesehatan masyarakat yang telah bermitra dengan kampanye vaksinasi Covid-19 pemerintah federal.

Baca Juga: Di Arab Saudi, Jalan Tanpa Masker Bisa Kena Denda Rp3,7 Juta

Perawat Scott McGieson mengenakan masker N95 di Harborview Medical Center, 14 Januari 2022, di Seattle. (Sumber: AP Photo/Elaine Thompson, File)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat hari Jumat memperbarui panduannya tentang penutup wajah.

Hal itu agar lebih jelas menyatakan bahwa masker N95 dan KN95 yang dipasang dengan benar menawarkan perlindungan paling besar terhadap Covid-19.

Namun, itu tidak secara resmi merekomendasikan N95 daripada masker kain.

"Masker yang terbaik adalah yang akan Anda kenakan dan yang dapat Anda pakai sepanjang hari, yang dapat Anda toleransi di tempat umum di dalam ruangan,” kata Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky, pekan lalu.

Rincian tidak segera tersedia, termasuk tentang jenis masker yang akan disediakan, apakah ukuran anak-anak tersedia dan apakah masker dapat dipakai kembali.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.