Kompas TV nasional berita utama

Sudah Diberi Sanksi Partai Tapi Belum Umumkan Permintaan Maaf, Pengamat: Sebaiknya Arteria Legawa

Kompas.tv - 20 Januari 2022, 12:55 WIB
sudah-diberi-sanksi-partai-tapi-belum-umumkan-permintaan-maaf-pengamat-sebaiknya-arteria-legawa
Arteria Dahlan. (Sumber: Dok. Humas DPR)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan diminta legawa untuk segera meminta maaf terkait penggunaan diksi yang keliru pada rapat bersama dengan Kejaksaan Agung.

Apalagi, Badan Kehormatan PDIP sudah mengeluarkan teguran keras kepada Arteria Dahlan perihal pernyataannya yang menyinggung suku Sunda.

Demikian Pengamat Politik Lingkar Madani Indonesia (Lima Indonesia) Ray Rangkuti dalam keterangannya kepada KOMPAS TV, Kamis (20/1/2022).

“Mestinya diungkap langsung oleh Arteria Dahlan, karena eskalasi secara politik tinggi. Meskipun secara substansi apa yang dilakukan Arteria tidak salah, tetapi dalam segi pengucapan dan bahasa diksinya kurang tepat,” ucap Ray Rangkuti.

“Oleh karena itu, sebaiknya Arteria Dahlan legawa menyampaikan permintaan maaf,” tambah Ray.

Ray menuturkan, dalam setiap rapat-rapat memang seyogyanya pernyataan yang disampaikan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca Juga: PDIP Beri Teguran Keras ke Arteria Dahlan, Sikapnya Dinilai Tak Pantas

Ini penting, sehingga materi rapat yang diberikan dapat dipahami oleh semua peserta rapat dari berbagai latar belakang atau daerah.

“Bagaimana pun pesan dan substansi dari pernyataan Arteria, menurut saya sudah diterima publik. Meskipun dalam pernyataannya Arteria langsung menohok pada entitas tertentu dan berlebihan karena meminta pemecatan,” kata Ray.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x