Kompas TV regional sosial

Bandara Halim Perdanakusuma Tutup 3,5 Bulan Per 26 Januari, Calon Penumpang Diminta Hubungi Maskapai

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 06:44 WIB
bandara-halim-perdanakusuma-tutup-3-5-bulan-per-26-januari-calon-penumpang-diminta-hubungi-maskapai
Mulai tanggal 26 Januari 2022 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menutup sementara Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Sumber: Bandara Halim Perdanakusuma )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mulai tanggal 26 Januari 2022 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menutup sementara Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan penutupan bandara tersebut diperkirakan akan berlangsung selama 3,5 bulan ke depan.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari rencana revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, yang aturannya tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2002.

Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, kata dia, dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Baca Juga: Demi Revitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Ditutup per 26 Januari 2022

“Dengan dimulainya revitalisasi, Bandara Halim akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022. Waktu penutupan diperkirakan paling lama 3,5 bulan,” kata dia, dalam keterangannya, Jumat (21/1/2022).

Terkait penutupan sementara tersebut, Adita mengimbau pada calon penumpang yang sudah memiliki tiket penerbangan untuk menghubungi pihak maskapai.

Kata dia, pihak Kemenhub sudah berkoordinasi dengan operator bandara dan semua maskapai untuk menangani pembatalan penerbangan, 'refund' tiket, pengalihan rute penerbangan, dan lain sebagainya.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah membeli tiket pesawat dengan keberangkatan melalui Bandara Halim, untuk menghubungi pihak maskapai agar dilakukan proses penanganan selanjutnya," tutur Adita.

Adapun revitalisasi di Bandara Halim Perdanakusuma meliputi penyehatan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway), peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama.

Baca Juga: Bandara Halim Perdanakusuma Beroperasi Seperti Biasa, Sempat Sebelumnya Akan Tutup 1 Januari 2022!

Kemudian renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lainnya.

"Kami informasikan adanya penutupan sementara Bandara Halim Perdanakusuma lebih awal agar seluruh pihak terkait siap untuk melakukan langkah-langkah penanganan dan dampak dari adanya penutupan tersebut," ucap Adita.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x